Kesehatan

Tips untuk Memulai Diet

Diet (©pixabay)
Diet (©pixabay)

Akhir-akhir ini banyak orang mengalami stres tambahan karena adanya pandemi. Demikian juga karena bekerja dari rumah, menyebabkan aktifitas badan menjadi terbatas, hal ini telah menyebabkan banyak orang menjadi bertambah berat badannya. Faktanya, menurut sebuah artikel Eating Well, kenaikan berat badan rata-rata akibat diam di rumah selama pandemi adalah 5,7Kg. Jangan bersedih hati, dengan menerapkan beberapa hal ini dalam rutinitas harian anda, anda dapat mulai mengendalikan berat badan Anda.

Trik mudah pertama adalah menggunakan piring yang lebih kecil saat makan. Meskipun ini mungkin terdengar sederhana, penelitian menunjukkan bahwa bahkan penurunan kecil dalam ukuran piring dapat menyebabkan lebih sedikit kalori yang dikonsumsi. Dan hal yang sama berlaku untuk menggunakan sendok yang lebih kecil. Jadi, alih-alih mengambil piring besar itu untuk hidangan utama anda, cobalah memakai piring makanan penutup yang lebih kecil.

Tip bagus lainnya adalah jangan melewatkan sarapan atau makan siang untuk mengantisipasi waktu makan berikutnya. Menunda makan tidak hanya akan berdampak negatif pada gula darah dan meningkatkan rasa lapar anda, tetapi juga akan membuat anda tidak merasa lapar lagi saat tiba waktunya makan.

Penting juga untuk makan perlahan. Dengan menikmati setiap gigitan, anda tidak hanya akan lebih menikmati makanan, tetapi otak anda akan memiliki waktu 20 menit yang diperlukan untuk memberi sinyal bahwa anda sudah kenyang, sebelum anda terlalu berlebihan.

Memperhatikan apa yang anda makan juga penting. Konsumsilah lebih banyak karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan dan sayuran, serta lebih banyak protein, seperti ikan atau ayam, dan kurangilah karbohidrat sederhana, seperti nasi, kentang, roti, dan makanan penutup. Bahkan ada beberapa pengganti yang bagus – misalnya, kembang kol kukus tumbuk menggantikan mashed potatoes (kentang tumbuk), atau roti yehezkiel sebagai pengganti roti olahan.

Minuman juga berperan. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu mengisi perut, membantu anda makan lebih sedikit. Sebaliknya, meminum alkohol adalah sesuatu yang sebaiknya dihindari, atau setidaknya dibatasi, karena kandungan kalorinya. Sebagai gantinya, cobalah infused water yang diresapi dengan sedikit buah, mint atau lemon segar, dan anda akan merasa seperti menikmati suguhan istimewa.

Dan jangan lupa bergerak. Menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari hari anda itu penting – apakah itu pergi ke gym, menggunakan DVD atau aplikasi olahraga, atau berjalan-jalan cepat di sekitar lingkungan. Tidak hanya membantu anda membakar sejumlah kalori, tetapi penelitian menunjukkan bahwa saat anda melakukan aktivitas fisik secara teratur, anda lebih termotivasi untuk membuat pilihan makanan sehat.

Meski sering terabaikan, tidur juga penting untuk berat badan yang sehat. Studi menunjukkan bahwa ketika anda kurang tidur, anda cenderung tidak hanya makan lebih banyak, tetapi juga mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Untuk mencegah makan berlebihan, tetapkan target untuk diri anda sendiri tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam.

Baik penurunan berat badan maupun pemeliharaan berat badan membutuhkan pendekatan multifaset. Ini bukan hanya tentang apa yang anda makan dan seberapa banyak anda makan – komponen psikologis juga memainkan peran besar. Dengan menerapkan beberapa trik kompensasi sederhana, anda dapat membantu menyiapkan diri anda untuk berhasil menjaga berat badan.

Ini adalah masa-masa yang penuh tantangan, dan banyak dari kita telah melihat lingkar pinggang kita membesar sebagai hasilnya. Berusaha untuk mengubah kebiasaan anda tidak hanya dapat membantu anda merasa lebih baik, tetapi juga meningkatkan kesehatan anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan dapat meningkatkan peluang anda untuk pulih lebih cepat dari flu dan penyakit lain, termasuk COVID-19.

Menjaga berat badan anda tetap terkendali adalah hal yang baik, tidak peduli bagaimana anda melihatnya!

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI