Kesehatan

Waktu Mandi yang Tidak Pas dapat Menyebabkan Tubuh Sakit

Kamar mandi
Kamar mandi. @Pexels

Ritual mandi yang tidak tepat dapat mengakibatkan dampak buruk yang mungkin tidak kita sadari. Saya memiliki seorang siswa perempuan yang adalah seorang guru piano. Melodi yang dia mainkan sangat indah dan menyenangkan untuk didengarkan, tetapi dia sering menundukkan kepalanya karena takut orang akan melihat wajahnya. Wajahnya dipenuhi jerawat, membuatnya merasa kesal dan kurang percaya diri.

Suatu hari setelah kelas, dia berhasil mengumpulkan keberanian untuk berbicara dengan saya. Dia berkata: “Guru, saya sering mendengarkan program kesehatan yang Anda bawakan. Menurut gejala yang Anda sebutkan, saya pikir konstitusi tubuh saya termasuk tipe lembab. ” Saya menanyakan alasannya.

Dia bercerita tentang gejalanya, antara lain mudah terkena eksim, lapisan lidah agak kekuningan, jerawat di wajah, telapak tangan kuning, pup sering menempel di WC, kaki terasa berat dan bengkak, mata sering terasa melepuh.

Penyebab Tubuh Lembab

Setelah mendengar ini, saya yakin bahwa dia memang memiliki konstitusi tubuh lembab. Namun ia merasa bingung dan menanyakan alasan apa yang menyebabkan tubuhnya lembap.

Saya katakan pada umumnya ada tiga titik yang menyebabkan badan menjadi lembap. Pertama, minuman manis dan makanan manis dan berminyak secara berlebihan; kedua, tinggal di lingkungan yang lembap, seperti ruang bawah tanah atau yang tak terkena cahaya matahari,..

Dia merasa frustrasi dan mengatakan bahwa dia hanya makan makanan yang segar bergizi, tidak suka makanan dan minuman ringan, dan lingkungan tempat tinggalnya tidak lembab, tetapi apa penyebabnya?

Saya mengatakan bahwa kemungkinan besar itu adalah poin ketiga — mandi di malam hari.

Segera dia berseru: “Ya ampun! Saya mandi setiap malam. Kenapa mandi bisa membuat tubuh lembap?”

Saya berkata: “Mandi tidak akan mengakibatkan tubuh menjadi lembap kecuali mandi dilakukan pada malam hari karena kemampuan perlindungan tubuh paling lemah pada malam hari. Selama waktu ini, Yang Qi tetap berada di organ dalam dan membuat permukaan tubuh kekurangan perlindungan. Jadi, kalau mandi jam segini, kelembapan akan cepat masuk ke dalam tubuh.”

Dia tiba-tiba menyadarinya dan bertanya jam berapa yang cocok untuk mandi. Saya berkata, selain pagi hari yang merupakan waktu terbaik untuk mandi, setelah sampai di rumah seusai bekerja, dia bisa mandi dulu dan kemudian melakukan tugas lainnya.

Dia bercerita bahwa biasanya setelah pulang, dia selalu bersantai di sofa sambil nonton tv dan makan atau beberes dulu dan akhirnya baru mandi setelah jam 10 malam. dan kemudian pergi tidur. “Mulai sekarang,” katanya, “Saya akan mandi lebih awal di malam hari.”

Dua bulan kemudian, dia mengunjungi saya dengan gembira dan berkata: “Guru, Anda sangat luar biasa. Saya tidak mandi di malam hari dan itu membuat jerawat di wajah saya mulai lenyap. Saya senang dan berterima kasih kepada Anda.”

Saya juga merasa senang untuknya dan berkata: “Kamu telah merasakan manfaatnya untuk tidak mandi terlalu larut. Namun, itu baru langkah pertama. Jika Anda bisa melakukan langkah kedua dibawah ini, Anda akan menjadi lebih cantik dan lebih sehat.”

Langkah Kedua Mandi Lebih Sehat

Saat mandi, tuangkan air hangat di atas titik Dazhui terlebih dahulu (atau bila Anda menggunakan shower air hangat, arahkan air hangat tersebut pada punggung Anda terlebih dahulu). Anda dapat meningkatkan Yang Qi Anda dan melindungi permukaan tubuh dari kelembaban. Biarkan air mandi hangat mengalir di sepanjang punggung, dan sementara itu, Anda bisa memijat ketiak untuk meningkatkan sirkulasi kelenjar getah bening.

Titik Dazhui

Taruh beberapa tetes sabun mandi di sikat mandi atau telapak tangan dan gosokkan bahu Anda dari kiri ke kanan sampai kulit bahu menjadi hangat.

Selanjutnya, gunakan sikat untuk menyikat punggung ke atas dan ke bawah, lalu ke kiri dan kanan, perut, paha bagian dalam, paha bagian belakang, lutut dan betis.

Alih-alih di malam hari, lebih baik keramas di pagi hari. Kepala, tempat semua Yang Qi berkumpul, paling takut akan kelembapan.

Setelah keramas ataupun mandi, keringkan tubuh dengan baik terutama bagian kepala. Banyak orang memiliki kebiasaan buruk tidur dengan rambut basah setelah mandi. Seiring waktu, itu akan melukai Yang Qi dan menyebabkan sakit kepala.

Segera kenakan piyama agar tubuh tetap hangat dan gosok titik Dazhui. Bila Anda masih ingin melakukan hal lain di kamar mandi, seperti memakai skincare, pastikan Anda sudah memakai piyama dulu, bukan hanya pakai handuk. Hal ini adalah untuk menjaga tubuh tetap hangat. (nspirement.com)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI