Minyak zaitun dapat mengurangi risiko kematian terkait demensia sebesar 28 persen, demikian temuan penelitian. Mengganti margarin dengan minyak zaitun juga bermanfaat.
Selama bertahun-tahun, pola makan Mediterania disebut-sebut memiliki khasiat meningkatkan fungsi otak, membantu menjaga kemampuan kognitif, dan mengurangi risiko demensia. Namun penelitian baru menunjukkan bahwa ada pemain bintang tertentu yang mungkin berada di balik manfaat mental tersebut: minyak zaitun.
Bukti Terbaru
Dalam penelitian terbaru yang menyelidiki hubungan antara pola makan dan kematian terkait demensia, yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, para peneliti menganalisis pola makan dan hasil kesehatan lebih dari 92.000 orang dewasa di AS.
Para peserta penelitian melaporkan kebiasaan makan mereka, termasuk asupan minyak zaitun, setiap empat tahun selama 28 tahun. Peneliti kemudian mengkategorikan partisipan berdasarkan konsumsi minyak zaitun hariannya: tidak pernah atau kurang dari sekali per bulan, maksimal 4,5 gram, antara 4,6 dan 7 gram, atau lebih dari 7 gram. Selama periode penelitian, tercatat 4.751 kematian terkait demensia.
Temuan ini menunjukkan bahwa terlepas dari kecenderungan genetik dan kualitas makanan secara keseluruhan, mereka yang mengonsumsi setidaknya tujuh gram (setengah sendok teh) minyak zaitun per hari menurunkan risiko kematian terkait demensia sebesar 28 persen dibandingkan dengan peserta yang melaporkan tidak pernah atau jarang mengonsumsi minyak zaitun dalam makanan mereka.
Selain itu, mengganti satu sendok teh, atau 5 gram margarin dan mayones dengan jumlah minyak zaitun yang sama per hari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat demensia sebesar 8 hingga 14 persen.
“Penelitian kami memperkuat pedoman diet yang merekomendasikan minyak nabati seperti minyak zaitun dan menunjukkan bahwa rekomendasi ini tidak hanya mendukung kesehatan jantung tetapi juga berpotensi mendukung kesehatan otak,” Anne-Julie Tessier, peneliti pascadoktoral di Harvard T.H. Chan School of Public Health dan rekan penulis penelitian, mengatakan dalam siaran pers. “Memilih minyak zaitun yang produk alami, dibandingkan lemak seperti margarin dan mayones komersial adalah pilihan yang aman dan dapat mengurangi risiko demensia yang fatal,” tambahnya.
Namun, penelitian ini bersifat pengamatan sehingga tidak membuktikan bahwa minyak zaitun menyebabkan penurunan risiko demensia yang fatal. Penelitian lebih lanjut, seperti uji coba terkontrol secara acak, diperlukan untuk memastikan tidak hanya efeknya tetapi juga jumlah optimal minyak zaitun yang diperlukan untuk melihat manfaat ini, kata Tessier.
Komposisi Minyak Zaitun Terkait dengan Kesehatan Otak yang Lebih Baik
Hasil penelitian ini mendukung temuan lain yang menunjukkan manfaat kesehatan dari penggunaan minyak zaitun sebagai pengganti lemak tidak sehat, kata Amy Pendleton Kay, ahli diet terdaftar di Top Nutrition Coaching.
Minyak zaitun extra virgin mengandung kombinasi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dengan hingga 80 persennya merupakan asam oleat tak jenuh tunggal yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan. Hal ini penting karena peradangan yang berkepanjangan dikaitkan dengan penyakit jantung dan penurunan kognitif, menurut Ms. Kay. “Peradangan diperkirakan dapat menyebabkan penumpukan plak di otak, yang berhubungan dengan demensia,” katanya.
Lemak jenuh telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan kognisi otak dengan menyebabkan peradangan, meningkatkan stres oksidatif, dan mengganggu penghalang darah-otak, menurut penelitian, yang juga menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda “terkait dengan kesehatan yang lebih baik,” menurut Kay.
Meskipun minyak pada dasarnya adalah lemak, tidak semua lemak sama, tambahnya. “Beberapa minyak dan lemak lebih sehat dibandingkan yang lain dan memiliki dampak berbeda terhadap kesehatan kita,” katanya. Lemak jenuh harus dibatasi, dan bahkan minyak nabati seperti kelapa dan minyak sawit memiliki kandungan lemak jenuh yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan sebagian besar minyak nabati lainnya, kata Kay.
Namun, terdapat perdebatan yang berkembang mengenai apakah lemak jenuh benar-benar meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kondisi terkait. Beberapa ahli berpendapat bahwa penelitian mengenai hubungan ini sudah ketinggalan zaman, dan temuan yang lebih baru menunjukkan bahwa pengaruh lemak jenuh terhadap peningkatan kolesterol LDL jauh lebih kecil dari yang diperkirakan sebelumnya.
Minyak Alternatif Penunjang Kesehatan Otak
Meskipun minyak zaitun telah banyak diteliti, penelitian terus mengeksplorasi bagaimana berbagai lemak dan minyak mempengaruhi kesehatan otak.
Minyak alpukat, dengan profil lemak yang mirip dengan minyak zaitun extra virgin, mungkin menawarkan manfaat serupa. Sebuah penelitian tahun 2014 menemukan bahwa minyak alpukat memperbaiki penanda risiko kardiovaskular pada tikus yang diberi diet tinggi gula. Kesehatan kardiovaskular yang buruk telah dikaitkan dengan masalah kognitif.
Minyak kelapa sawit juga menunjukkan manfaat kesehatan yang signifikan, dengan sebuah penelitian menyoroti efek antioksidannya yang kuat. Antioksidan dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif dan mencegah kerusakan sel. Stres oksidatif dapat mengganggu neurogenesis, pembentukan neuron baru di otak, sehingga merusak fungsi kognitif. Seperti minyak zaitun, minyak sawit kaya akan asam oleat antioksidan.
Minyak kelapa telah menunjukkan manfaat neuroprotektif, termasuk menghilangkan stres oksidatif, mengurangi peradangan saraf, dan meningkatkan fungsi mitokondria, menurut penelitian.
“Minyak zaitun harus dimasukkan sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan, seperti Diet Mediterania,” kata Kay, seraya menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk “menarik kesimpulan pasti” tentang peran minyak zaitun dalam mencegah dan mengobati penyakit.
