Budaya

Kebijakan Permaisuri Fan Membantu Raja Chuang Menjadi Kuat

Permaisuri Fan (©epochtimes)
Permaisuri Fan (©epochtimes)

Permaisuri Raja Zhuang dari Chu bernama Fan. Wanita bajik ini menunjukkan kecerdasan dan kebijaksanaannya sekitar 2.600 tahun lalu. Beliau-lah yang menjadikan Raja Zhuang salah satu dari Lima Hegemoni di era Musim Semi dan Musim Gugur dalam sejarah Tiongkok (770?476 SM)

Setelah naik tahta, Raja Zhuang gemar berburu. Fan mengingatkannya beberapa kali untuk tidak mengabaikan urusan negara, tetapi nasihatnya tidak didengar. Raja menghabiskan waktunya dengan berburu dan memasaknya menjadi hidangan lezat. Fan menolak untuk memakannya.

Tekadnya menyentuh Raja Zhuang. Dia berhenti berkeliaran di sekitar hutan dan mengabdikan waktunya untuk menjalankan tugas negara, dan negara Chu menjadi lebih kuat.

Yuqiu Zi adalah seorang pejabat yang disukai dan dipercaya Raja Zhuang. Suatu hari, Yuqiu Zi berbicara dengan lantang di istana kekaisaran, dan Raja Zhuang terpesona. Dia terbawa suasana dan melupakan semua makanannya.

Fan tercengang. Dia menunggu sesi pengadilan kekaisaran selesai dan bertanya kepadanya, “Tuanku, mengapa Anda tidak makan? Apakah Anda tidak lapar, atau lelah?”

Raja tidak kuasa menahan kegembiraannya. “Saya lupa semuanya saat berbicara dengan seorang pejabat yang berbakat.”

“Siapa pejabat yang Anda maksud?” tanya Fan.

“Yuqiu Zi,” jawab raja.

Fan menutup mulutnya dan tersenyum.

“Apa yang Anda tertawakan?” tanya raja.

Fan berkata, “Yuqiu Zi mungkin adalah seseorang berbakat, tapi saya tidak yakin dengan kesetiaannya.”

Karena bingung, Raja Zhuang bertanya apa yang membuatnya berkata seperti itu.

Fan menjawab: “Saya telah bersama dengan Anda selama 11 tahun. Selama 10 tahun terakhir, pencari selir datang ke negara bagian Zheng dan Wei untuk mencari wanita cantik yang bijak untuk tuanku dan meminta saya menyeleksinya. Di antara mereka yang saya temukan, dua lebih unggul daripada saya, sementara tujuh di antaranya memiliki kualitas yang sama dengan saya atau dibawah saya, jadi saya memilih dua yang lebih baik itu. Walaupun saya ingin menjadi satu-satunya permaisuri yang Anda sukai, tapi saya tahu tugas seorang permaisuri adalah menemukan sosok yang mampu membantu raja dan bukan sebaliknya. Saya tidak boleh terlalu egois untuk menjauhkan orang-orang bajik bijaksana dari Anda untuk keuntungan saya sendiri. Jadi harap perhatikan juga orang-orang yang memiliki kebajikan dan kebijaksanaan. “

Dia lanjut berkata: “Yuqiu Zi telah berada di negara bagian Chu selama lebih dari satu dekade. Orang-orang yang dia rekomendasikan adalah orang kaya yang tidak berguna atau kerabatnya. Tidak satu pun dari mereka adalah orang yang bajik. Ia juga tidak mengganti siapa pun yang berkarakter buruk. Dia tidak jujur dengan Anda dan merupakan penghalang bagi pencarian bakat pejabat yang unggul. Ketika Anda mengenal seseorang yang memiliki kemampuan luar biasa tetapi tidak merekomendasikannya, Anda sedang tidak setia. Ketika Anda gagal untuk melihat bakat dalam diri seseorang, Anda lalu cuek. Itu sebabnya saya menutup mulut dan menahan tawa.”

Kata-kata Fan sangat bijaksana dan lebih masuk akal daripada kata-kata para menteri pengadilan. Raja Zhuang sangat senang.

Keesokan harinya Raja Zhuang mengulangi kata-kata Nyonya Fan kepada Yuqiu Zi, membuatnya lompat dari kursinya dan tak bisa berkata-kata.

Setelah sesi pengadilan kekaisaran, Yuqiu Zi mengirim orang ke mana-mana untuk mencari orang-orang yang berbakat dan berpotensi besar. Dia akhirnya menemukan Sunshu Ao dan merekomendasikannya kepada raja. Sunshu Ao diangkat menjadi perdana menteri. Dengan bantuannya, Chu menjadi negara yang kuat, dan Raja Zhuang bahkan terdaftar sebagai salah satu dari Lima Hegemoni. Budaya Chu juga berkembang pesat.

Sumber: Biographies of Exemplary Women  (Biografi Wanita Teladan) yang disusun oleh Liu Xiang di era Dinasti Han. Buku-buku sejarah Chu juga mengaitkan hegemoni Raja Zhuang dengan Fan dan menyebutnya wanita berkarakter mulia. (eva/theepochtimes)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI