Budaya

Tseng Guo-Fan: 6 Prinsip untuk Hidup Sukses

Tseng Guo-Fan (Kredit: Domain Publik via Wikimedia Commons)
Tseng Guo-Fan (Kredit: Domain Publik via Wikimedia Commons)

Tseng Guo-fan (1811-1872) adalah seorang negarawan, jenderal militer, dan sarjana Konfusianisme Tiongkok yang sukses dari Dinasti Qing. Sepanjang sejarah, mereka yang telah menjadi sukses memiliki prinsip-prinsip tertentu dalam hidup mereka.

Terkadang mereka membutuhkan seorang mentor atau sosok penting dalam hidupnya. Yang lain memiliki pola pikir tertentu.

Tseng Guo-fan terkenal karena membesarkan dan mengorganisir Tentara Xiang dan memulihkan stabilitas Kekaisaran Qing.

Ditunjuk sebagai gubernur jenderal provinsi Jiangsu, Anhui, dan Jiangxi, Tseng Guo-fan mengoordinasikan kampanye militer yang menghancurkan Pemberontakan Taiping dan merebut ibu kota mereka di Nanjing pada tahun 1864.

Dia merekomendasikan kebijakan konsiliasi dengan kekuatan Barat dan kekuatan militer. Di bawah sponsornya, Jiangnan Arsenal didirikan di Shanghai pada tahun 1865.

Selain memproduksi senjata dan kapal modern pertama, biro penerjemahan Arsenal secara signifikan memperkenalkan teknologi dan pemikiran Barat ke Tiongkok.

Tseng Guo-fan kemudian diangkat menjadi sekretaris agung dan diangkat menjadi gubernur jenderal Provinsi Hebei.

Prestasinya dalam hidup telah membuatnya dikenang dan dihormati selama beberapa generasi. Mempelajari asas-asas yang dia ikuti akan membantu anda memahami kehidupannya dan memberikan wawasan tentang cara meningkatkan kehidupan anda sendiri.

6 prinsip yang diikuti Tseng Guo-fan:

1. Hindari melakukan hal-hal yang selalu mendatangkan keuntungan

Poin pertama mengingatkan kita untuk tidak serakah. Hal ini akan membantu jika anda tidak selalu mengejar hal-hal yang tampaknya menguntungkan, karena mungkin hanya sementara atau bahkan jebakan.

Anda harus tetap berkepala dingin; jika semua orang berjuang untuk hal yang sama, tidak akan ada cukup waktu untuk pengembangan.

2. Jangan biarkan kekurangan orang lain terlihat melebihi kelebihan mereka

Tidak ada yang sempurna, dan jika anda fokus pada kelebihan orang lain, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Anda harus selalu objektif dan adil ketika berhadapan dengan orang lain.

3. Menunjukkan kekurangan orang lain hanya menutupi kekhawatiran anda

Membual tentang keberhasilan anda berarti mengungkapkan iri hati anda terhadap orang lain. Iri hati hanya mengungkapkan rasa kekhawatiran anda.

4. Keuntungan dapat dibagi dengan banyak orang, tetapi strategi harus disimpan untuk diri sendiri

Semua orang menyukai keuntungan materi, namun menyimpannya untuk diri sendiri tidaklah bijaksana. Namun strategi yang luar biasa harus dirahasiakan.

5. Ketekunan dan Kerendahan Hati akan Membawa Anda Sukses

Bagi orang biasa, kesuksesan akan mengetuk pintu anda selama anda tetap tekun. Tseng Guo-fan adalah contoh yang khas, karena meskipun dia tidak terlalu pintar, namun dia rajin dan tekun. Akhirnya, prestasinya dikagumi oleh banyak orang.

Secara historis, didalam sejarah Tiongkok ada banyak kisah nyata orang berbakat yang dihancurkan oleh kesombongan mereka. Ini mengindikasikan bahwa kerendahan hati adalah sifat yang penting.

6. Untuk Sukses dalam Banyak Hal, Anda Membutuhkan Pengalaman

Manusia berusaha, tetapi Tuhan yang menentukan. Jika anda mengingat hal ini dan melakukan yang terbaik, anda tahu bahwa selanjutnya Tuhan yang menentukan.

Jadi jika anda gagal, anda dapat yakin bahwa anda telah melakukan yang terbaik dan tidak perlu menyesal.

Walaupun gagal, pasti ada pengalaman yang didapatkan untuk dapat sukses di kemudian hari, ini hanyalah masalah waktu yang belum tiba. (nspirement)

Lebih banyak kisah Budaya, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI