Budi Pekerti

3 Cara untuk Menghentikan Perasaan Kewalahan

Merasa Kewalahan (©unsplash)
Merasa Kewalahan (©unsplash)

Pernahkah anda merasa kewalahan? Kita semua pernah mengalami pada suatu saat dalam hidup kita, terutama ketika kita dihadapkan pada hal yang serba tidak pasti, sesuatu yang tidak dapat kita kendalikan, atau ketika daftar tugas kita sepertinya tidak pernah berakhir. Sejujurnya, tahun 2020 telah membuat sebagian besar dari kita merasa kewalahan pada level yang sama sekali baru. Kita telah mencoba membuat keputusan tentang hal-hal utama dalam hidup kita berdasarkan sedikit atau tidak ada informasi, dan kita menghadapi banyak hal yang berada di luar kendali kita.

Kita tidak bisa menyelesaikan semua masalah dunia, tapi kita bisa menyelesaikan masalah kita. Anda dapat mengendalikan berapa banyak beban yang dapat anda kelola. Dan disadari atau tidak, menyelesaikan masalah anda sendiri akan memberikan pengaruh yang lebih baik pada hidup anda daripada hidup dalam frustrasi karena masalah dunia yang tidak dapat anda perbaiki.

Berikut ada tiga cara sederhana untuk berhenti merasa kewalahan:

Berhentilah berbicara tentang betapa kewalahannya anda

Berhenti membicarakannya. Ya, kedengarannya sederhana, tetapi semakin sering anda berkata, “Saya kewalahan”, maka semakin besar dan nyata hal itu bagi anda ? dan semakin anda terbebani, semakin anda merasa stress dengan tugas yang tak kunjung habis.

Ingat, apa pun yang anda fokuskan akan meningkat, jadi mari kita ubah fokus dan narasinya. Jangan menyembunyikannya atau berpura-pura anda tidak kewalahan, tetapi anda dapat menghentikannya dengan mengubah fokus.

Tuliskan apa yang membuat anda kewalahan

Siapkan selembar kertas dan pulpen dan tuliskan apa yang membuat anda kewalahan. Tuliskan fakta tentang hal-hal yang membuat anda terbebani.

Berikut beberapa contohnya:

  • Saya kewalahan dengan media sosial.
  • Saya terbebani karena saya tidak tahu apakah sekolah akan pernah kembali normal.
  • Saya kewalahan dengan agenda dan daftar tugas saya.

Cukup menuliskan hal-hal yang membuat anda terbebani dapat menurunkan stres anda. Anda mendapatkan semua pikiran yang berputar-putar keluar dari medan perang pikiran anda ke dunia nyata di atas kertas. Ini bukan hanya terapi, tetapi juga membantu anda mengetahui tindakan apa yang harus diambil selanjutnya.

Lakukan sesuatu

Setelah anda menuliskan apa yang membuat anda stres, saya ingin anda melihat daftar anda dan bertanya pada diri sendiri: Adakah yang bisa saya lakukan? Jika jawabannya tidak, maka yang bisa anda lakukan hanyalah mengabaikannya dan berserah kepada Tuhan. Jika ada sesuatu yang dapat anda lakukan maka lakukanlah! Anda bertanggung jawab atas hidup anda, agenda anda, dan daftar tugas anda. Ketika anda mengambil tindakan (tindakan apa pun) pada hal-hal yang membuat anda stres, anda merasa lebih terkendali, produktif, dan percaya diri. Akibatnya, perasaan kewalahan anda akan berkurang.

Saya tidak tahu apa beban anda pada periode ini. Saya tidak tahu apakah anda melakukan homeschooling atau mencoba mencari hal normal baru untuk keluarga anda. Tapi inilah yang saya tahu: Anda memiliki lebih banyak kekuatan atas hidup anda, perasaan anda, dan hasil yang dapat anda capai daripada yang anda pikirkan!

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI