Kesehatan

10 Manfaat Meditasi Bersila Ganda

Meditasi

Meditasi duduk bersila ganda dianggap sebagai bentuk postur meditasi yang paling dasar. Cara duduk anda akan mempengaruhi tingkat keheningan yang dicapai selama meditasi.

Berikut ini adalah fondasi yang sangat penting bagi seorang pemula.

  1. Setiap orang dapat berhasil duduk dalam posisi lotus, dengan kedua kaki disilangkan, bahkan jika anda baru mulai berlatih pada usia 60 tahun.
  2. Duduk bersila ganda tidak hanya bagus untuk tulang, tetapi juga dapat membuka meridian.
  3. Dikatakan bahwa bahkan jika anda sudah berhasil duduk bersila dengan posisi lotus, anda masih harus terus dan secara konsisten melakukan postur duduk bersila ganda setiap hari setidaknya selama 20 menit. Energi yang terbentuk konon dapat memungkinkan anda mendaki gunung seperti seorang anak muda walaupun diusia 70 tahun. Ternyata posisi ini juga dapat membantu anda mempertahankan suatu kondisi bebas dari penyakit.
  4. Sewaktu anda berlatih postur duduk bersila ganda, secara bertahap rasa sakit selama meditasi akan hilang. Anda akan bisa terbebas dari nyeri pinggang, ginjal anda akan lebih kuat dipenuhi dengan energi dan postur tegak lurus sangat duduk bersila sangat besar manfaatnya.
  5. Pada tahap permulaan, beberapa hari pertama setelah berlatih, kaki dan bagian punggung dari tubuh mungkin terasa sakit. Hanya dengan berlatih secara konsisten akan membebaskan anda dari rasa sakit.
  6. Sebagai pemanasan, sebelum melakukan postur bersila ganda, anda dapat melakukan latihan pendahuluan dengan membuka kaki diikuti dengan duduk bersila posisi lotus dengan kedua kaki disilangkan. Cobalah menahan rasa sakit semampu anda tanpa menurunkan kaki dan seiring dengan waktu dan berlatih terus menerus, anda akan secara berangsur-angsur dapat meningkatkan durasi waktu latihan anda.
  7. Latihan duduk bersila ganda dapat membantu melancarkan gerakan saluran pencernaan. Konon jika anda berlatih setelah makan, perut anda akan kosong setelah 20 menit.
  8. Duduk bersila ganda tidak hanya membuka meridian dan sirkulasi darah di kedua kaki, tetapi juga akan membantu membuka bagian sendi pinggul anda.
  9. Saat duduk bersila ganda, pergelangan kaki anda akan menekan arteri dari paha bagian dalam, menyebabkan jantung bekerja lebih keras memompa darah; tujuannya adalah untuk membuka arteri di kedua kaki.
  10. Dikarenakan jantung bekerja lebih keras memompa darah lebih banyak lagi untuk membuka arteri kedua kaki maka organ dalam lain juga akan memperoleh manfaat dengan menerima suplai darah yang lebih besar yang mana juga akan memperbaiki fungsi mereka, pada saat yang bersamaan juga akan mempercepat aliran darah ke otak. (visiontimes/th/ch)

Latihan meditasi gratis untuk kesehatan jiwa dan raga, silahkan klik di sini.

Lebih banyak artikel mengenai Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI