Kesehatan

4 Alasan Mengapa Orang Memiliki Rambut Putih

Wanita berambut putih
Wanita berambut putih. @Pixabay

Kita menilai bahwa seseorang sudah tua jika memiliki rambut putih. Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang ingin terlihat lebih muda dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah dan tubuh mereka. Namun, penuaan adalah proses fisiologis alami. Fungsi organ seseorang secara bertahap akan menurun seiring bertambahnya usia. Lebih dari itu, rambut seseorang secara bertahap akan memutih juga.

Meskipun rambut yang memutih sering menunjukkan usia, namun jaman sekarang kaum muda juga banyak yang berambut putih karena tekanan hidup. Selain itu, rambut bisa memutih karena stres atau sering marah yang berlebihan. Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan rambut menjadi putih.

Faktor-faktor yang Dapat Menyebabkan Rambut Putih

  1. Penuaan

Alasan mengapa rambut menjadi putih adalah bahwa ketika orang bertambah tua, sel-sel pigmen di folikel rambut manusia secara bertahap akan menua dan pasokan melanin yang masuk ke keratinosit secara bertahap akan berhenti. Pada saat ini, rambut seseorang secara bertahap akan berubah menjadi putih atau perak. Dalam keadaan normal, ini disebabkan oleh penuaan.

2. Alasan patologis

Alasan rambut putih berkembang lebih awal sering dikaitkan dengan faktor lain. Ketika tubuh manusia menderita penyakit tertentu, seperti anemia pernisiosa, kerontokan rambut cenderung mengikuti. Beberapa orang mungkin be rambut putih ketika mereka masih muda. Jika ada kerabat dalam keluarga yang pernah mengalami situasi serupa, maka hal ini mungkin juga terkait dengan faktor genetik. Ketika tubuh manusia kekurangan elemen, seperti Vitamin B12 dan kalsium, maka rambut dapat menjadi putih.

3. Merokok

Ada banyak orang yang suka merokok. Merokok tidak hanya membahayakan paru-paru dan organ tubuh lainnya, namun nyatanya, merokok secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut seseorang memutih lebih awal dari biasanya. Oleh karena itu, merokok harus dihilangkan atau setidaknya dikurangi. Orang dengan kemauan yang kuat harus berhenti merokok sesegera mungkin. Ini dapat mengurangi rambut putih dan juga bermanfaat bagi kesehatan seseorang.

Paparan sinar matahari yang terlalu lama juga dapat menyebabkan rambut menjadi putih.

4. Stres berlebihan

Sering kali, munculnya uban banyak berkaitan dengan tekanan mental yang berlebihan. Kasus yang paling umum adalah ketika “rambut seseorang menjadi putih dalam semalam.” Meskipun kondisi ini mirip dengan penyakit, tetapi juga disebabkan oleh trauma mental.

5. Paparan Sinar Matahari berlebihan Memperparah Uban

Rambut yang mulai beruban lebih rentan terhadap sinar matahari, karena memiliki lebih sedikit melanin. Jadi bila rambut Anda mulai beruban, kenakan topi atau aplikasikan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan SPF agar rambut Anda tetap sehat.

TIPS

Pijat kepala setiap hari akan membantu aliran darah lebih lancar.  

Begadang akan mempengaruhi jam biologis seseorang, serta sirkulasi tubuh dan organ lainnya, jadi cobalah untuk memastikan tidur malam yang cukup dan nyenyak.

Pola makan yang wajar tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi juga dapat berdampak pada beberapa penyakit, dan terkadang juga dapat berdampak pada perawatan rambut, sehingga kita harus memastikan pola makan yang sehat.

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI