Kesehatan

6 Tanda yang Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda

Sehat
Sehat. @Unsplash

Dengan kehidupan kita yang semakin sibuk setiap hari, kita cenderung mengabaikan kesehatan kita. Baru setelah anda sangat sakit untuk bekerja, anda baru mulai memperhatikan keadaan kesehatan anda.

Tubuh anda dapat dan memang memberi tahu anda ketika ada sesuatu yang salah; anda hanya perlu memperhatikan tanda-tandanya. Ini bisa jadi sulit jika anda tidak tahu apa yang harus diperhatikan.

6 tanda ini menunjukkan kondisi kesehatan Anda:

Bibir pecah-pecah

Seringkali, bibir anda pecah-pecah karena faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kondisi udara kering, atau paparan angin. Tapi sebelum anda memakai pelembab bibir, perhatikan asupan air anda. Jika bibir anda sering pecah-pecah, kemungkinan tubuh anda mengalami dehidrasi dan anda membutuhkan lebih banyak cairan.

Jerawatan

Lebih dari 70 persen orang dewasa berusia antara 20-50 tahun akan mengalami jerawat pada kulit. Tetapi bila hal ini sering terjadi, mungkin memberi tahu anda bahwa sistem kekebalan anda sedang berjuang. Ini bisa berarti banyak hal yang berbeda. Jadi jika anda secara teratur menderita masalah kulit ini, konsultasikan dengan dokter anda.

Warna Urin

Warna air seni dapat memberi tahu banyak hal tentang kondisi kesehatan anda. Warna ini memberi anda gambaran yang jelas tentang hidrasi tubuh anda dan bagaimana organ vital anda berfungsi. Klinik Cleveland pada tahun 2013 merilis sebuah infografis (tolong kasih link ke: https://health.clevelandclinic.org/what-the-color-of-your-urine-says-about-you-infographic/ ) yang memberi tahu keadaan tubuh anda hanya dengan melihat warna urin anda. Anda harus membiasakan diri untuk memperhatikan warna urin anda.

Sering Terkena Flu

Adalah umum untuk terkena penyakit musiman seperti flu atau pilek. Tetapi jika anda rentan terhadap semuanya, ini memberi tahu anda sesuatu tentang sistem kekebalan tubuh anda. Alih-alih mengobati penyakit ini saat mereka datang, bangun pertahanan tubuh anda untuk melawannya. Meskipun vitamin C paling sering digunakan, anda juga dapat mencoba nutrisi super lainnya, seperti Echinacea

Sering Lelah

Kurang tidur seringkali menjadi penyebab kelelahan. Jika Anda sudah mendapatkan istirahat malam yang cukup, tetapi masih sering merasa lelah maka anda harus memperhatikan pola makan anda. Mencerna alkohol atau makanan olahan terlalu banyak membuat sistem pencernaan anda bekerja lebih sulit daripada yang anda pikirkan. Kelelahan kronis juga dapat memberi tahu anda bahwa tiroid anda mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Seberapa Sering Buang Air Besar?

Setiap orang berbeda, tetapi dalam kondisi kesehatan yang sempurna, anda akan buang air besar setelah setiap makan. Ini menghilangkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh anda. Tetapi semua dokter setuju bahwa anda harus buang air besar setidaknya sekali sehari. Jika anda tidak buang air besar secara teratur, anda cenderung menyerap lebih banyak racun. Jika perlu, anda harus mempertimbangkan menghentikan konsumsi makanan atau cairan tertentu yang membuat tubuh anda kesulitan buang air besar.

Saya harap ini dapat membantu anda. Jika anda mengetahui bahwa informasi ini mungkin bermanfaat bagi seseorang, pertimbangkan untuk membagikannya dengan mereka. (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI