Kesehatan

Bagaimana Jerawat Memberi Tahu Apa yang Diperlukan Tubuh Anda

Wajah
Wajah. @Pexels

Apakah jerawat Anda timbul karena stres, tidur larut malam, pola makan yang buruk, atau hormon? Dengan memahami beberapa pemetaan wajah mendasar, Anda dapat mengetahui apa yang dikatakan jerawat Anda, dan mengambil tindakan yang tepat.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, wajah diyakini sebagai jendela jiwa, dan dokter medis Tiongkok melihat wajah pasien mereka untuk menilai organ mana yang mungkin mengalami stres atau di mana terdapat penyumbatan.

Pemetaan wajah tidak hanya menjelaskan kesehatan tubuh secara fisik, tetapi juga dapat memberikan petunjuk akan tekanan mental dan emosional yang Anda alami — dan bagaimana hal itu memengaruhi Anda.

Dahi atas

Daerah dahi atas terkait dengan sistem pencernaan, terutama usus besar dan kandung kemih. Saat jerawat muncul di sini, perhatikan pola makan Anda, dan coba perbaiki pencernaan Anda dengan mengonsumsi probiotik — batasi asupan gula Anda, dan hindari makanan cepat saji.

Makanan pembersih seperti teh hijau, air lemon, dan buah beri segar akan membantu karena kaya akan antioksidan.

Dahi bawah

Wilayah ini menunjukkan kesehatan pikiran dan jiwa Anda. Adanya erupsi kulit di sini mengindikasikan stres, gangguan saraf, dan ketidakseimbangan dalam alam mental atau emosional.

Untuk menyeimbangkan kembali pikiran Anda, jadikan kualitas tidur sebagai prioritas untuk sementara waktu. Anda juga dapat mencoba meditasi, jalan-jalan santai yang panjang, dan mandi air hangat yang menenangkan.

Daerah dahi atas terkait dengan sistem pencernaan, terutama usus besar dan kandung kemih. (Image: Olavs Silis via Dreamstime).

Hidung

Berada di tengah wajah Anda, hidung Anda mewakili hati Anda. Area ini bisa menunjukkan tekanan darah, stres, kemarahan yang terpendam, dan frustrasi.

Sekali lagi, luangkan waktu untuk menghilangkan stres, dan fokus pada apa yang dibutuhkan hati Anda — mungkin bermanfaat untuk melihat lebih dalam dan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting, serta mengambil langkah-langkah dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk mengelola stres.

Alis

Jerawat menjengkelkan yang muncul tepat di tengah alis Anda adalah hati Anda yang berteriak minta kasih sayang.

Untuk membersihkan hati, minumlah teh dandelion, makan banyak sayuran, dan gantilah roti tawar putih dan makanan cepat saji Anda dengan gandum dan umbi-umbian. Hindari alkohol dan tembakau.

Telinga

Jerawat batu besar di telinga Anda bisa sangat menyakitkan! Itu pertanda ginjal Anda tegang, karena telinga berbentuk ginjal Anda meniru organ yang diwakilinya — luar biasa bukan?

Tingkatkan asupan air Anda, dan kurangi asupan kafein dan natrium Anda.

Pipi

Pipi Anda terhubung ke paru-paru Anda dan merupakan tanda bahwa sistem pernapasan Anda sedang berjuang. Mungkinkah itu alergi?

Hindari merokok dan area merokok. Minumlah teh jahe untuk menghangatkan paru-paru dan membantu mengeluarkan kotoran yang ada di sana.

Pipi Anda terhubung ke paru-paru Anda dan merupakan tanda bahwa sistem pernapasan Anda sedang berjuang. (Image: Irina Shisterova via Dreamstime)

Mulut dan dagu bagian bawah

Mulut, sebagai pintu gerbang ke perut, secara kebetulan terkait dengan perut dalam pemetaan wajah.

Mungkin pola makan Anda membutuhkan lebih banyak serat. Pernahkah Anda memperhatikan sembelit? Sekam psyllium (suplemen serat yang digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi) seperti sapu yang menyapu bersih perut Anda — sangat membersihkan.

Sisi dagu

Daerah ini mewakili sistem reproduksi; Jerawat mungkin tumbuh di sini ketika ada ketidakseimbangan hormon atau selama lonjakan hormon, seperti saat menstruasi.

Stres akan memperburuk jerawat di daerah ini, jadi jika Anda berjerawat di sini, beri diri Anda ruang dan istirahat yang dibutuhkan — dan perhatikan apakah jerawat itu bersifat siklus atau konstan.

Berbagai jenis jerawat

Wajah Anda, seperti jiwa kaki Anda, berisi peta seluruh tubuh Anda. Anda mungkin sudah memperhatikan bahwa jerawat di area yang berbeda muncul pada waktu yang berbeda, seperti jerawat “terlalu banyak cokelat” versus “saya sangat stres!“, atau varietas “menjauh dariku, aku dalam lonjakan hormon!“. Saat Anda mempelajari yang mana, Anda akan tahu tindakan apa yang harus diambil.

Jika jerawat tetap ada di area tertentu atau sering muncul, konsultasikan dengan dokter, ahli naturopat, atau dokter TCM. Beberapa jerawat bukanlah masalah besar, tetapi jerawat kronis adalah infeksi yang membutuhkan perhatian medis profesional. (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI