Kesehatan

Cara Tidur yang Baik Di Malam Hari untuk Hari yang Lebih Produktif

Tidur @Canva Pro
Tidur @Canva Pro

Tidur adalah kebutuhan biologis, sama seperti air minum dan makan.

Tidur yang cukup di malam hari dapat meningkatkan hari-hari anda dalam banyak hal, sementara kurang tidur dikaitkan dengan penurunan produktivitas dan penurunan respons kekebalan, yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan; namun mungkin anda mengalami sulit tidur.

Anda mungkin kewalahan dengan tanggung jawab, dibebani oleh kekhawatiran, atau mengalami stres dari pekerjaan atau sekolah, membuat tidur berada dalam daftar prioritas terbawah anda.

Entah bagaimana, kita harus mengatasi ini; faktanya adalah: cukup tidur tanpa gangguan mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas Anda.

Sherlock Holmes pernah mengaku kepada Dokter Watson bahwa tidur diperlukan untuk semua orang, dan cara paling luar biasa untuk menyembuhkan setiap penyakit yang ada di dunia adalah dengan istirahat malam yang nyenyak. Dia benar sekali!

Saat kita rileks, tubuh kita mendapatkan kembali vitalitas dan kesehatan. Tidur malam yang nyenyak adalah metode terbaik untuk mengurangi stres, memberi kita perspektif baru tentang kehidupan, dan berfungsi sebaik mungkin.

Apa yang terjadi selama tidur?

Setelah tahap pertama tidur “terkantuk-kantuk”, kita memasuki tahap kedua tidur ringan, kemudian secara bertahap berlanjut ke tahap tidur ketiga dan keempat yang lebih dalam. Setelah sekitar 90 menit tidur, anda memasuki tidur tahap kelima, yang dikenal dengan tidur rapid eye movement (REM).

Biasanya, siklus ini berulang setidaknya lima kali dalam satu malam, dengan durasi REM meningkat disetiap siklus, dimulai sekitar 10 menit, dan mencapai hingga satu jam atau lebih, tergantung pada usia seseorang.

Meskipun tidur merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari, tidur dapat dengan mudah terganggu oleh kecemasan, stres, ketegangan, insomnia, atau bahkan mimpi.

Bagaimana mimpi mengganggu tidur? 

Mimpi dapat terjadi selama fase tidur non-REM dan REM, tetapi mimpi saat REM cenderung lebih intens dan memiliki hubungan logis.

Analis medis tidur dan ahli profesional tidur semuanya dibingungkan oleh mimpi, karena orang-orang secara teratur bermimpi tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan hidup mereka.

Beberapa mimpi dikaitkan dengan asosiasi. Misalnya, jika anda melihat gunung dan biskuit emas di siang hari, anda mungkin memimpikan gunung emas di malam hari.

Beberapa kitab suci menunjukkan bahwa teror tidur atau mimpi yang membuat stress mungkin berasal dari pengalaman kehidupan lampau yang meninggalkan jejak dalam jiwa atau pikiran.

Beberapa pengalaman, seperti firasat atau déjà vu, mengajari kita untuk menghormati mimpi kita. Kitab-kitab Suci juga mengingatkan banyak kejadian dimana mimpi telah menubuatkan kejadian dimasa depan. Menurut para ahli kontemporer, tidur dikaitkan dengan pikiran bawah sadar, keinginan yang belum terpenuhi, pikiran, dan inspirasi.

Beberapa mimpi dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Siksaan mimpi biasanya terjadi selama siklus tidur non-REM. Sulit untuk membangunkan seseorang saat mengalaminya; dan bahkan jika mereka bangun, mereka akan bingung dan tidak dapat mengingat apapun tentang mimpinya.

Sebanyak 40 persen anak menderita hal tersebut. Meskipun menakutkan bagi orang tua, hal itu tidak terlalu mengkuatirkan dan biasanya sudah teratasi sebelum masa remaja.

Mimpi buruk, atau parasomnia, berdampak lebih besar pada tidur kita. Orang yang mengalami mimpi buruk biasanya dapat mengingat kembali mimpinya secara mendetail dan merasa tertekan secara emosional. Mereka mungkin merasa benar-benar sadar akan emosi mereka dan takut akan terulangnya mimpi itu.

Meringankan Pikiran yang Dihantui Mimpi Buruk

Jika tidur anda sering terganggu dengan mimpi yang membuat stres, ada beberapa cara untuk menenangkan pikiran anda:

  • Menyimpan buku harian mimpi. Tuliskan apa yang anda lihat dalam mimpi anda, dan catat pemikiran anda tentang hal itu. Ini akan membantu anda mengolah apa pun yang membebani pikiran bawah sadar anda.
  • Bicarakan mimpi itu dengan seorang teman yang memiliki sikap positif. Mereka mungkin memiliki atau tidak memiliki saran yang bermanfaat. Apa pun itu, mengekspresikan diri penting untuk mengatasi hal-hal yang mengganggu anda..
  • Ucapkan beberapa doa atau atau lafalkan kitab suci atau puisi favorit anda saat anda berbaring di tempat tidur untuk mengisi pikiran anda dengan pikiran positif.

Bahkan jika anda tidak mengalami mimpi buruk, tidur nyenyak bisa menjadi tantangan jika anda terganggu oleh pikiran cemas atau pikiran anda kacau balau. Nasihat berikut dimaksudkan untuk membantu menenangkan pikiran sibuk anda dan memungkinkan anda mendapatkan tidur yang baik dan teratur.

Matikan perangkat elektronik

Untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, anda perlu menjernihkan pikiran dari semua hal yang membuat pikiran sibuk. Menatap layar elektronik; tidak masalah seberapa kecil, merangsang aktivitas otak, membuat lebih sulit untuk tidur. Lampu latar dari perangkat kita juga menurunkan produksi melatonin; hormon yang mendorong tubuh anda untuk tidur.

Hindari memeriksa media sosial sebelum tidur. Atur ponsel anda dalam mode “jangan ganggu” atau letakkan di ruangan lain, dan matikan perangkat lain untuk meminimalkan godaan.

Cobalah untuk menyelesaikan semua waktu di muka layar anda setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Ini akan memungkinkan anda untuk tertidur lebih cepat dan mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Untuk mengatasi godaan peralatan elektronik, matikan semua perangkat sebelum tidur.

Ikuti jadwal tidur

Biasakan tidur pada waktu yang sama setiap hari dan patuhi itu. Ini akan memperkuat ritme tidur alami tubuh anda, mendorong istirahat yang lebih damai. Ritual malam terbaik akan membantu anda rileks dan mudah dilakukan setiap hari.

Memberi otak anda waktu untuk beristirahat sangatlah penting; jadi hindari melakukan tugas-tugas di menit-menit terakhir, menonton film yang menegangkan atau penuh aksi, atau menjamu teman dan kerabat di larut malam. Itu semua adalah aktivitas yang tidak membuat ngantuk.

Tidur siang mungkin merupakan cara yang bagus untuk menyegarkan diri dan melewati hari, tetapi pengaturan waktunya sangat penting.

Tidur siang yang terlalu sore dapat mengganggu pola tidur anda. Jika anda ingin tidur siang, pastikan waktu istirahat anda jatuh pada waktu yang sama setiap harinya, sehingga tubuh anda tahu apa yang diharapkan.

Katakan ‘tidak’ pada kafein

Kafein dapat menjadi pilihan yang baik di pagi hari, tetapi merupakan pilihan yang buruk di malam hari. Karena kafein dapat bertahan di tubuh anda selama lebih dari 10 jam, minum kopi pada sore hari dapat dengan mudah memengaruhi istirahat anda di malam hari. Konsumsilah minuman non-kafein untuk bagian akhir dari hari untuk memastikan tidur malam yang nyenyak.

Buat Rutinitas Malam

Ritual malam hari dapat membantu anda menenangkan diri dan bersiap untuk tidur malam yang nyenyak. Selain itu, rutinitas malam yang sehat hanya akan meningkatkan produktivitas pada keesokan harinya.

Yang terbaik adalah memulai rutinitas malam anda setidaknya dua jam sebelum tidur. Uruslah hal-hal yang akan mempermudah hari esok, seperti memilih pakaian, menyiapkan makanan, membaca email, dan sebagainya.

Tujuannya adalah untuk melepaskan kecemasan hari itu dan menyiapkan diri untuk pagi yang bebas stres sehingga pikiran anda tidak kewalahan saat menuju tempat tidur.

Ciptakan Lingkungan Tidur

Pastikan kamar tidur anda diatur untuk membuat anda merasa aman dan nyaman. Prinsip Feng shui dapat memandu anda untuk menjadikan lingkungan rumah anda menjadi tempat dimana anda merasa santai, terpelihara, dan seimbang.

Hapus semua gambar atau objek yang terasa mengancam atau mengganggu, dan pertahankan ruang yang bersih dan rapi. Pilih dekorasi yang menyenangkan dan menenangkan. Seni abstrak tidak disarankan untuk tidur nyenyak.

Buat Rileks Pikiran dan Tubuh

Meditasi penuh kesadaran sebelum tidur adalah cara bagus lainnya untuk mencapai pikiran yang tenang. Meditasi harian memiliki efek kumulatif, dan dapat memberi anda kendali yang lebih besar atas ide-ide yang menghantui anda di malam hari.

Banyak penelitian telah menunjukkan pentingnya tidur malam yang nyenyak, terutama untuk anak-anak, karena memungkinkan mereka mempelajari segala sesuatu dengan lebih cepat dan efektif.

Bagi orang dewasa, tidur sangat penting untuk proses regeneratif tubuh dan fungsi kognitif. Jadi jangan menyiksa diri sendiri dengan kurang tidur. Temukan manfaat tidur nyenyak, mulai malam ini!(nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini

Saksikan Shen Yun via streaming di Shen Yun Creations

VIDEO REKOMENDASI