Kesehatan

Jalan Sehat: Bagaimana Mendapatkan Manfaat dengan Berjalan Kaki Secara Teratur

Jalan yang benar (©Unsplash)
Jalan yang benar (©Unsplash)

Selain menjadi moda transportasi yang paling mudah dan paling murah, berjalan kaki juga merupakan salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk meningkatkan dan menjaga kebugaran seseorang. Jalan kaki sering disebut sebagai “terapi ajaib” oleh dokter karena efeknya yang luar biasa pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Jalan kaki untuk kesehatan itu sederhana dan mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu yang nyaman, dan itu pun opsional.

Jalan sehat di pagi hari telah menjadi hal umum di masyarakat dewasa ini, karena ada kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman atau hanya sekedar menjernihkan pikiran sambil membakar kalori. Jalan sehat seringkali menjadi olahraga yang ideal bagi mereka yang tidak dapat berpartisipasi dalam aktivitas lain yang lebih kompleks.

Membentuk kebiasaan yang baik

Meskipun manfaat jalan sehat mudah didapatkan, banyak orang masih perlu dorongan untuk memulai dan mempertahankan rutinitasnya. Mencari teman adalah salah satu tip terbaik.

Dr. Lauren Elson, instruktur kedokteran fisik dan rehabilitasi di Harvard Medical School, berbagi, “Saya menemukan,  jika saya dapat membuat seseorang berjalan sehat ditemani mitra —entah itu suami istri atau teman—itu akan sangat membantu.” Yang lebih baik lagi adalah mengajak beberapa teman berjalan kaki bersama karena mereka semua bertanggung jawab satu sama lain. “Mereka akan saling menelepon dan menanyakan, ‘Kamu di mana?’”

Saat Anda terpaksa berjalan kaki sendirian, pilihlah rute yang aman dan mudah terlihat di dekat rumah Anda; mungkin melewati taman di daerah sekitar, di jalan setapak area Anda, atau di sepanjang pantai. Berjalan kaki secara teratur dapat direncanakan sebelumnya. Jika Anda naik bus atau kereta api ke tempat kerja, turunlah satu pemberhentian lebih awal dan berjalanlah sepanjang sisa perjalanan, atau memarkir mobil agak jauh dari tujuan dan kemudian berjalan kaki. Pertimbangkan untuk berjalan kaki daripada mengemudi bila memungkinkan.

Pejalan kaki mendapat manfaat dalam banyak hal dengan mempraktikkannya secara teratur, termasuk beberapa manfaat yang mungkin mengejutkan Anda.

Manfaat kesehatan yang kurang diketahui

Berjalan kaki melawan gen yang menaikkan lemak. Para peneliti Harvard mempelajari 32 gen yang terkait dengan obesitas pada lebih dari 12.000 orang untuk mengevaluasi sejauh mana gen ini berkontribusi terhadap berat badan. Mereka kemudian mendapatkan, ketika peserta penelitian berjalan kaki dengan penuh semangat selama sekitar satu jam setiap hari, dampak gen tersebut berkurang setengahnya.

Menurut penelitian, berjalan kaki mengurangi ketidaknyamanan terkait arthritis (peradangan pada satu atau lebih persendian) dan bahkan dapat mencegah terjadinya arthritis.

Berjalan kaki melindungi persendian, terutama lutut dan pinggul, terhadap osteoartritis (kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan) dengan melumasi dan memperkuat otot-otot pendukung.

Berjalan kaki secara teratur juga dapat mengekang keinginan mengonsumsi makan yang manis. Studi yang dilakukan oleh University of Exeter menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit dapat membantu mengurangi keinginan mengidam cokelat dan menurunkan jumlah cokelat yang dikonsumsi dalam kondisi stres; dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantu menurunkan keinginan terhadap berbagai makanan manis.

Selain itu, berjalan kaki dapat membantu Anda berpikir lebih jernih dan kreatif, karena dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, membantu menjaga ingatan terkait informasi, dan meningkatkan IQ. Setelah Anda terbiasa dengan manfaat fisik dari berjalan kaki, mungkin Anda ingin meningkatkannya dengan memasukkan satu aktivitas mental atau lebih ke dalam rutinitas olahraga Anda.

Mempraktekkan rasa syukur

Selama berjalan kaki, luangkan waktu untuk bersyukur atas semua yang Anda miliki. Mempraktikkan rasa syukur dapat memperbaiki kualitas hidup Anda, karena meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan empati dan menurunkan rasa amarah, serta mengembangkan kekuatan mental!

Melatih pidato atau diskusi

Jika Anda mengalami kesulitan saat berbicara di depan umum, melatihnya selama berjalan kaki dapat membangun kepercayaan diri dan kredibilitas. Bicaralah dengan jelas dan gunakan semua gerakan tangan yang diperlukan. Tidak perlu malu, saat ini kebanyakan orang akan menganggap Anda sedang menelepon.

Menyebarkan kegembiraan

Jangan takut untuk tersenyum dan melambai pada orang asing, kecuali tentu saja jika mereka tampak berbahaya dan tidak biasa. Senyum itu menular dan begitu juga lambaian. Jika Anda bersahabat dengan orang-orang yang Anda temui di jalan kaki secara teratur, dunia Anda akan segera terlihat penuh dengan teman. Jangan lupa berterima kasih pada pengendara motor yang memberi Anda ruang yang lebar dengan sebuah lambaian juga. (visiontimes)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI