Kesehatan

Lidah Buaya: Penyembuh Alami dan 7 Manfaatnya yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Lidah Buaya @Canva Pro
Lidah Buaya @Canva Pro

Ada lebih dari tiga ratus (300) jenis tanaman lidah buaya. Namun, Aloe barbadensis (juga dikenal sebagai lidah buaya) adalah yang paling terkenal dan dimanfaatkan di industri kesehatan dan kecantikan karena kualitas pengobatannya (menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy and BioAllied Sciences).

Lidah buaya secara tradisional telah digunakan untuk mengobati luka, kerontokan rambut, wasir, dan masalah pencernaan.

Saat ini lidah buaya digunakan di berbagai industri: dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi seperti pelembab, sabun, krim cukur, dan losion untuk berjemur. Anda mungkin pernah melihat gel hijau terang yang ditemukan di rak-rak toko obat, atau mungkin anda pernah menggunakannya untuk mengobati sengatan matahari yang buruk setelah bersenang-senang di pantai.

Selain penggunaan secara lokal tersebut, lidah buaya juga ditawarkan sebagai suplemen. Ini karena memberikan manfaat pada kulit dan sistem pencernaan yang sama dengan pengobatan herbal lainnya.

Jenis lidah buaya apa yang digunakan orang?

Tanaman ini memiliki dua bagian obat yang berharga: daun lidah buaya dan getah lidah buaya.

Daun lidah buaya berisi gel bening yang diekstrak dari tanaman yang biasa digunakan sebagai gel yang dioleskan pada kulit setempat untuk mengobati luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Gel ini juga dapat diberikan secara oral dalam bentuk cair atau kapsul.

Di sisi lain, getah lidah buaya adalah cairan kuning yang ditemukan tepat di bawah permukaan luar daun tanaman. Telah terbukti memiliki sifat pencahar dan umumnya digunakan untuk mengobati sembelit.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan lidah buaya.

Apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan?

1. Mengobati Kondisi Kulit Tertentu

Krim lidah buaya menenangkan kulit dan telah terbukti mengurangi rasa gatal dan peradangan. Selain itu, membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat terbakar sinar matahari.

Selain anti-radang, ia juga dapat membantu mengelola kondisi kulit lainnya seperti eksim, psoriasis, dan bahkan jerawat. Tanaman ini juga memiliki sifat antibakteri dan membantu penyembuhan luka.

2. Membantu Pencernaan dan Mengobati Sembelit

Lidah buaya dapat digunakan untuk penderita sembelit, termasuk mereka yang memiliki gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome). Lateks lidah buaya mengandung aloin, antrakuinon yang memberikan sifat pencahar pada tanaman, membantu meningkatkan air dalam lumen usus, dan membantu meringankan sembelit dan gejala IBS.

3. Menenangkan Nyeri Radang Sendi

Tanaman ini terkenal karena kemampuan anti-radangnya yang luar biasa, dengan cepat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan radang sendi.

Selain itu, jusnya bekerja sangat baik dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan yang sangat terkait dengan radang sendi. Sifat anti-radangnya juga efektif mengobati nyeri sendi dan otot. Mengoleskan gel lidah buaya secara lokal membantu mengurangi peradangan sendi.

4. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya adalah alternatif yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan obat alami untuk kebotakan. Sampo lidah buaya mendorong sirkulasi darah dan memiliki sifat anti-radang yang membantu mengobati androgenetic alopecia (juga dikenal sebagai pola kebotakan pria.) Selain itu, jika anda menggunakannya sebagai kondisioner, anda dapat mencegah kerontokan rambut dini.

Sebuah uji klinis menemukan bahwa dua sendok makan jus lidah buaya setiap hari selama dua minggu akan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

5. Membantu menstabilkan gula darah

Sebuah uji klinis menemukan bahwa dua sendok makan jus lidah buaya setiap hari selama dua minggu akan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kadar trigliserida peserta penelitian meningkat, yang bisa menjadi manfaat tambahan bagi mereka yang menderita diabetes yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung karena kelainan trigliserida dan kolesterol.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Peneliti menemukan bahwa ini mungkin karena dua komponen anti-radang: aloe-emodin dan aloin; keduanya memiliki sifat anti-radang.

Tentu saja, lidah buaya bukanlah pengganti olahraga, diet sehat, dan obat-obatan, yang semuanya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, sebagai terapi komplementer, mungkin dapat bermanfaat.

7. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gigi dan gusi. Anda dapat mencoba obat alami ini di rumah dengan menaburkan bubuk lidah buaya pada sikat gigi saat anda menyikat gigi.

Ini akan menenangkan gusi anda dan menyembuhkan infeksi atau memar yang mungkin anda alami. Jus lidah buaya juga dapat membantu kesehatan gusi. Sebelum menelan, berkumurlah dengan cairan tersebut di sekitar mulut anda.

Tanaman dan berbagai gel dan ekstrak yang dapat dibuat darinya dapat digunakan dalam berbagai cara. Para peneliti terus-menerus menemukan aplikasi baru untuk tanaman berair ini.

Jika anda berniat menggunakan lidah buaya untuk pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika anda sedang mengonsumsi obat. (nspirement)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI