Kesehatan

Mengapa Beberapa Orang dapat Menikmati Kopi Sebelum Tidur dan Masih Bisa Tidur Nyenyak? Inilah Jawaban Para Ilmuwan!

kopi, kafein
kopi. (Photo by Harry Brewer on Unsplash)

Pernahkah Anda menyadari bahwa ada orang yang meminum kopi sebelum tidur, dan kemudian orang tersebut bisa langsung tertidur dengan nyenyak. Sementara yang lain, atau mungkin Anda sendiri, hanya menyeruput sedikit kopi atau minuman berkafein lain saja, lalu langsung membutuhkan waktu berjam-jam agar bisa tidur, sekalipun tubuh Anda terasa lelah.

Banyak orang yang menikmati minuman berkafein di pagi hari atau memastikan untuk tidak minum kopi di malam hari, karena khawatir akan mempengaruhi tidur mereka.

Namun, ada beberapa orang yang bisa menjalani hari mereka secara penuh, dan minum kopi sebelum tidur, namun masih bisa segera tidur nyenyak.

Mungkin ini terdengar agak aneh, tapi para ilmuwan telah menemukan sesuatu yang disebut “gen kafein”, sebuah gen yang secara khusus mengontrol bagaimana tubuh kita bereaksi terhadap kafein dan seberapa cepat tubuh kita memproses zat tersebut.

Cara kerja kafein

Di pagi hari, bahkan ketika Anda merasa segar sehabis tidur nyenyak, tubuh Anda akan mulai memproduksi adenosin secara perlahan, adenosin adalah suatu zat penting yang membantu mengatur siklus tidur-bangun tubuh kita.

Seiring hari Anda berjalan, tingkat adenosin akan naik, dan rasa lelah akan bertambah, yang akhirnya membantu Anda tertidur secara alami di malam hari.

Ketika Anda mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, tubuh akan mendeteksi zat kafein itu seperti adenosin, dan berhenti memproduksi adenosin karena terperdaya dan berpikir bahwa ada cukup adenosin dalam tubuh.

Namun, kafein tidak bekerja seperti adenosin dan kafein justru menghentikan tubuh Anda dari merasa lelah.

Mengapa ada orang yang tidurnya tidak terpengaruh oleh kafein?

Ada 3 kemungkinan alasan:

  1. Mungkin ada zat lain yang diproduksi oleh tubuh selain adenosin yang membuat seseorang cepat merasa lelah.
  2. Adenosin dalam tubuh cukup kuat untuk menghentikan kafein agar tidak bekerja dengan baik.
  3. Kafein diproses terlalu cepat oleh tubuh dan mungkin sudah dikeluarkan dari tubuh sebelum mulai bekerja.

Karena itu, adalah mungkin bagi sebagian orang untuk dapat menikmati secangkir kopi tepat sebelum mereka tidur, dan masih bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Jika Anda masih ingin menikmati secangkir kopi sebelum tidur, Anda dapat memilih kopi non kafein atau menunggu hingga esok pagi, ketika bukan waktunya bagi Anda untuk tidur. (goodtimes/jul)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI