Kesehatan

Obat Tradisional Tiongkok Dapat Meredakan Sakit Gigi

Dokter Hu Naiwen. (Sun Mingguo/The Epoch Times)
Dokter Hu Naiwen. (Sun Mingguo/The Epoch Times)

Ini adalah kisah yang diceritakan oleh Dr Hu Naiwen, seorang dokter pengobatan tradisional Tiongkok (TCM). Ketika dia belajar akupunktur sekitar 40 tahun lalu, suatu hari seorang teman sekelas tiba-tiba berkata kepadanya, “Kamu tahu, saya baru saja belajar beberapa titik akupuntur, dan sakit gigi saya hilang!”

Titik akupuntur “sanjian” (Sun Mingguo/The Epoch Times)

Teman sekelasnya kebetulan menemukan sebuah buku yang mengatakan titik akupuntur “sanjian” mengobati sakit gigi, jadi dia meletakkan jarum akupunktur di titik itu. Titik akupuntur sanjian terletak di sepanjang Meridian Usus Besar, dan ternyata sakit gigi itu disebabkan adanya masalah pada Meridian Usus Besar. Jadi, dengan keberuntungan, sakit gigi sembuh.

TCM percaya bahwa ada yang menyebabkan sakit gigi. Jika penyebabnya dan meridian dapat dengan tepat diidentifikasi, mereka dapat diobati.

Sakit gigi umum terjadi, tetapi hanya sedikit orang yang pergi ke dokter TCM untuk mencari solusinya. TCM memiliki beberapa cara efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Ada dua jenis utama sakit gigi. Yang satu berkaitan dengan gigi, sedangkan yang lain berkaitan dengan gusi.

TCM berpendapat bahwa gigi adalah perpanjangan dari tulang, dan karena ginjal mengatur tulang, mereka juga mengatur gigi. Ketika ginjal bermasalah, gigi juga bermasalah. 

Dalam kasus penyakit gusi, karena Meridian Usus Besar Tangan Yang Ming melewati gusi bagian bawah, masalah gusi bagian bawah berhubungan dengan usus besar.

Demikian juga, karena Meridian Perut Kaki Yang Ming melewati gusi atas, masalah gusi bagian atas terkait dengan perut.

Memperkuat ginjal untuk menyelamatkan gigi

Ketika gigi lepas dan akarnya terlihat, itu tandanya ginjal lemah dan terlalu banyak bekerja.

Rendam fructus tribuli (buah kering Tribulus terrestris, sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok, dikenal dengan sebutan Ji-Li dan telah digunakan selama ribuan tahun di negara-negara Asia) dalam air, dan ini berfungsi sebagai obat kumur.

Garam masuk ke ginjal. Membilas mulut dengan halitum (qing yan) membantu mengobati sakit gigi. Mengoleskan sedikit pada gigi akan membuatnya kuat dan kokoh. Banyak obat tabur gigi yang beredar di pasaran mengandung halitum.

Lada berfungsi sebagai obat bius. Letakkan biji merica di dekat gigi yang sakit bantu mematikan rasa sakit.

Kucai memperkuat ginjal. Mengonsumsi daun bawang jika ada masalah sakit gigi atau ginjal akan sangat membantu.
Untuk sakit gigi angin, bila gigi bisa tahan dingin dan panas, obat yang mengeluarkan angin harus diminum. Konsumsi wen feng san (1.)

Pada kasus sakit gigi dingin, tidak ada pembengkakan, tapi gusinya terasa nyeri. Minum air panas membantu menenangkannya.

Tambahkan rhizoma et radix notopterygii (qiang huo), herba ephedrae (ma huang), dan radix aconiti praeparata (chuan fu zi) ke dalam wen feng san (1.) Gunakan setengahnya untuk berkumur, dan campur dengan minuman separuhnya.

Sakit gigi api terutama disebabkan oleh rasa panas di perut. Gusi menjadi bengkak, dan rasa nyeri yang parah saat menelan benda yang sangat panas atau dingin. Sakit sedikit mereda bila suhu tidak terlalu ekstrim.

Minum obat yang membersihkan api patogen dalam tubuh. Gunakan ekstrak lidah buaya sebagai obat kumur.

Apakah cabut gigi diperlukan?

Haruskah gigi dicabut saat sedang sakit gigi? Dokter yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda.
Setelah beberapa gigi dicabut, Dr. Hu sadar bahwa jika dia tidak melakukan pencabutan pertama saat itu, pencabutan gigi selanjutnya dapat dihindari.

Dia memberi contoh. Jika gigi geraham punggung kiri atas dicabut, hal itu akan berdampak pada gigi geraham belakang kanan atas yang sesuai, sehingga terjadi misalignment dan kerusakan gigi, karena makanan akan terperangkap. Jika gigi ini dicabut, gigi yang tepat di rahang bawah bisa menjadi lebih panjang, sehingga memberi tekanan pada gigi lain.

Rasa sakit dapat menyebabkan lebih banyak pencabutan. Oleh karena itu, Hu menyarankan untuk menyelamatkan setiap gigi dengan menambalnya sebisa mungkin.

Catatan: 1 Wen feng san – Komposisi: dang gui (akar angelica Tiongkok / ginseng betina) 6g, xi xin (herba asari) 4,5g, chuan xiong (rhizoma chuanxiong) 6g, bi bo (fructus piperis longi / long pepper) 6g, gao ben (rhizoma ligustici) 6g, bai zhi (radix angelicae dahuricae) 6g, lu feng fang (Polistes mandarinus Saussure / sarang lebah) 18g. Rebus dalam air. (Sally Appert/eva/epochtimes)
 
Adaptasi dari program Televisi New Tang Dynasty TCM Past and Present

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI