Kesehatan

Pentingnya Matras Bagi Kesehatan

Umumnya orang hanya membandingkan antara tidur cukup atau kurang tidur. Jarang ada yang memperhatikan pentingnya matras bagi kesehatan. (Image: pexels / CC0 1.0)

Dari segi kesehatan, umumnya orang hanya membuat perbandingan antara cukup tidur atau kurang tidur dan jarang menaruh perhatian pada matras dalam menunjang kesehatan. Memilih matras yang tepat untuk diri sendiri bukan hanya tanda cinta diri, tetapi juga sangat berarti bagi kesehatan anda, mengingat bahwa rata-rata, anda menghabiskan sepertiga dari hidup anda untuk tidur. Baik anda tidur siang atau malam hari, tingkat kenyamanan matras akan menentukan tingkat kenyamanan tidur, bersamaan dengan kesehatan secara keseluruhan.

Mencegah sakit punggung

Level kenyamanan matras berdasarkan keras atau empuknya bisa mempengaruhi sakit pada punggung. Saat berbaring, maka permukaan matras harus menopang berat tubuh secara merata sehingga beban tidak bertumpu pada satu titik. Banyak pakar kesehatan menganggap bahwa matras yang nyaman adalah yang dapat membuat punggung dan tulang belakang melengkung secara alamiah. Dengan cara ini, distribusi berat tidak hanya terkonsentrasi di punggung, yang akan mengakibatkan sakit punggung.

Saat memilih matras, tingkat kenyamanan harus diperhatikan. Kasur yang terlalu empuk cenderung amblas. Pada posisi ini, tulang belakang akan melengkung dan menyebabkan sakit punggung.

Saat memilih matras, tingkat kenyamanan harus diperhatikan. Kasur yang terlalu empuk cenderung amblas. Pada posisi ini, tulang belakang akan melengkung dan menyebabkan sakit punggung.

Mencegah nyeri leher

Selama tidur, penting bagi anda untuk menjaga kepala dalam posisi datar. Bantal memainkan peran penting dalam hal ini. Namun, permukaan matras yang tidak rata bisa berakibat sakit leher kerena posisi tubuh yang tidak setara dengan kepala.

Saat memilih matras, tingkat kenyamanan harus diperhatikan. (Image: pexels/
CC0 1.0)

Mencegah nyeri sendi

Seperti halnya nyeri punggung, anda juga dapat mengalami nyeri sendi akibat penggunaan matras yang tidak tepat. Meski posisi punggung terbaring dengan benar, kasur yang terlalu keras akan mengakibatkan bagian tubuh lain, terutama area persendian (siku, bahu, pinggul dan lutut) menjadi tegang. Karena tidur berarti mengistirahatkan tubuh, jangan biarkan tubuh bekerja mencari posisi untuk beristirahat. Ketika membaca ulasan tentang matras, anda akan tahu masalah yang dialami beberapa orang dan ini tentu saja salah satu langkah yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan kasur ideal.

Mengurangi keletihan

Tidur berfungsi sebagai peremajaan tubuh dan mempersiapkannya untuk hari berikutnya. Itu sebabnya tidur adalah disaat malam. Kasur yang nyaman akan menjamin kualitas tidur malam yang baik. Meskipun kualitas tidur tidak hanya dipengaruhi oleh matras namun matras yang tidak nyaman akan menyebabkan anda tak hentinya bergerak dan berkeringat sepanjang malam. Ini hanya memperburuk keadaan disebabkan tubuh tidak bisa beristirahat sepenuhnya. Tidak heran jika anda masih merasa lelah pada hari berikutnya.

Meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan

Saat tidur, asupan oksigen sama pentingnya dengan tidur. Langkah awal mendapatkan pernapasan yang sehat terletak pada posisi tubuh yang tepat. Postur yang tepat memungkinkan tubuh mengalirkan darah dan udara ke seluruh sistem relaksasi dan fungsionalitas yang lebih baik. Pilihlah matras yang berongga dan tidak menyimpan panas agar udara dapat bersirkulasi.

Tidur berfungsi sebagai peremajaan tubuh dan mempersiapkannya untuk hari berikutnya. (Image: pexels / CC0 1.0)

Tidur nyenyak

Kurang tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari stres, kegelisahan dan depresi hingga penyakit kronis, seperti diabetes, kardiovaskular, tekanan darah dan obesitas. Matras yang nyaman berarti prioritas tidur yang nyenyak. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kelelahan atau tekanan pada tubuh. (visiontimes/bud/may)