Kesehatan

Tips untuk Tahun 2022 yang Lebih Sehat

Bahagia di 2022 (Anna Shvets @Pexels)
Bahagia di 2022 (Anna Shvets @Pexels)

Lima praktik sederhana membantu Anda mempertahankan peningkatan kesehatan di tahun mendatang.

Saya menduga kita menggunakan waktu sepanjang tahun ini untuk memutuskan apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tahun terbaik. Tahun baru mewakili kemungkinan baru dengan potensi tak terbatas. Ada yang mengatakan, 2021 adalah tahun yang sulit bagi kita. Jadi, saat kita memasuki tahun 2022, berikut adalah daftar hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mendukung kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan kolektif kita, yang memberi kita kesempatan terbaik untuk menjadikan tahun 2022 sebagai tahun luar biasa.

Memadamkan Gawai

Kapan terakhir kali Anda menjauhkan diri dari ponsel kesayangan Anda? Berapa lama Anda bisa menahan nada panggil dari pesan teks, email, atau komentar media sosial baru? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Faktanya, Anda termasuk mayoritas.

Tidak ada keraguan bahwa teknologi adalah alat yang ampuh yang dapat meningkatkan kehidupan orang-orang yang menggunakannya. Sayangnya, sebagian besar kita, sulit untuk menemukan keseimbangan antara menggunakan teknologi sebagai alat atau tak tahan menjadikannya sebagai penopang hidup. Keseimbangan ini sangat sulit dipahami sejak munculnya COVID-19, karena teknologi bagi banyak orang, telah menjadi satu-satunya cara kita berkomunikasi dan tetap terhubung.

Semakin banyak bukti bahwa terlalu banyak waktu di depan layar sebenarnya tidak baik  untuk  kesehatan  fisik,  mental,  atau emosional kita. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu banyak waktu yang dihabiskan di media sosial dapat meningkatkan keparahan dalam hal kecemasan dan depresi, terutama pada orang muda yang perkembangan otaknya masih sangat sensitif.

Menjaga jarak dengan ponsel, tablet, dan komputer dapat membantu kita mengatasi kecanduan terhadap media sosial, menjernihkan pikiran, meningkatkan fokus, menurunkan tingkat stres, dan mendorong kita untuk membangun hubungan manusia yang nyata. Ini meningkatkan kualitas hidup kita, meningkatkan energi kita dengan memungkinkan kita untuk mengisi ulang, manfaat tidur kita, dan meningkatkan komunikasi interpersonal kita.

Hal-hal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan semua detail yang kita amati dan rasakan ketika kita berbicara secara langsung dirancang untuk memastikan bahwa kita berkomunikasi dengan jelas. Fitur koneksi tatap muka ini memperkuat ikatan di antara kita. Informasi penting ini hilang ketika kita berkomunikasi secara daring.

Dalam pengobatan timur, rangsangan digital, serta semua rangsangan lainnya, memengaruhi organ utama pencernaan, yakni limpa dan perut. Organ-organ ini tidak hanya mencerna makanan dan minuman, tetapi juga semua yang masuk melalui organ indera kita. Menjadi sadar dan fokus pada satu hal, pada satu waktu, adalah faktor penting untuk tubuh yang sehat dan pikiran yang jernih.

Aturan praktis yang baik adalah memutuskan sambungan dari ponsel, tablet, dan komputer selama satu atau dua jam sebelum tidur dan tidur di ruangan yang gelap dan tenang tanpa peralatan elektronik. Hal ini memungkinkan sistem saraf dan otak kita untuk bersantai dalam persiapan untuk tidur.

Tidur adalah bagaimana tubuh kita beristirahat dan memperbaiki serta bagaimana pikiran kita memproses semua rangsangan dari hari sebelumnya. Memberi diri Anda lebih banyak waktu di tempat yang tenang dan gelap sebelum tidur akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan menyegarkan.

Bermeditasi

Bagi sebagian dari Anda, kata “meditasi” mungkin memunculkan gambaran biksu yang duduk sendirian di puncak gunung. Tapi yakinlah, meditasi yang saya bicarakan tidak mengharuskan Anda mencukur rambut, memakai pakaian kasaya, dan pindah ke Himalaya. Meskipun di tempat itu meditasi memiliki beberapa asal-usulnya, namun itu tidak perlu mencakup semuanya, dan dapat dipraktikkan secara praktis bagi kita yang hidup di dunia modern yang sibuk.

Meditasi memiliki manfaat yang mendalam bagi pikiran dan tubuh. Saya seorang meditator senior, dan saya merekomendasikan latihan meditasi secara teratur kepada semua pasien saya, karena menurut pengalaman saya, ini benar-benar bermanfaat bagi semua orang. Ini juga tidak memiliki efek samping negatif, dapat dilakukan di mana saja kapan saja, dan tanpa biaya.

Latihan meditasi secara teratur telah terbukti menurunkan stres yang menyebabkan kita lebih rentan terhadap penyakit jantung, stroke, dan kanker. Stres yang berkepanjangan juga menyebabkan penuaan dini, suatu bidang studi yang mendapat banyak perhatian akhir-akhir ini.

Dan siapa yang tidak ingin merasa lebih muda dan lebih vital? Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam Translational Psychiatry, 102 wanita menghabiskan enam hari di lokasi peristirahatan (retret) untuk bersantai ataupun bermeditasi. Pengambilan sampel darah dilakukan pada awal dan akhir retret. Sampel yang diambil pada akhir enam hari menunjukkan peningkatan penanda biologis (biomarker) terkait penuaan pada wanita yang bermeditasi.

Siapa pun yang telah mencoba bermeditasi mungkin tahu bahwa tidak mudah untuk memperlambat rentetan pikiran yang terusmenerus mengalir di benak kita, dan saya pikir inilah yang membuat banyak orang putus asa. Mereka berpikir bahwa mereka “tidak dapat bermeditasi” atau “tidak pandai bermeditasi” hanya karena mereka tidak dapat segera menenangkan pikiran mereka. Tapi semua orang bisa bermeditasi. Anda hanya perlu tidak menekan diri sendiri dan tahu bahwa, seperti hal lainnya, itu membutuhkan latihan.

Inilah meditasi sederhana yang bisa Anda coba. Mulailah dengan menemukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu. Cobalah selama 10 menit pada awalnya. Duduk, pejamkan mata, dan santai saja. Ini adalah hal yang langka bagi kebanyakan orang sehingga pikiran Anda mungkin akan mulai datang dengan cepat dan berkecamuk hanya karena kita hampir tidak pernah membiarkan pikiran kita “berjalan liar”.

Saya katakan biarkan mereka datang, rileks, dan fokus pada bernapas masuk dan keluar perlahan. Akhirnya, pikiran Anda akan melambat, dan Anda akan merasakan tubuh dan pikiran Anda rileks. Begitu ini terjadi, ketika sebuah pikiran muncul di benak Anda, akui itu, lalu lepaskan. Pindahkan fokus Anda dengan tenang kembali ke napas Anda.

Hanya melakukan latihan yang sangat sederhana ini selama 10 hingga 20 menit per hari dapat memiliki efek besar pada kondisi pikiran Anda dan pada kemampuan Anda untuk menghadapi kesulitan dan situasi stres, dan itu akan membantu Anda mempertahankan rasa tenang dan kedamaian batin.

Meditasi tidak hanya bermanfaat bagi praktisi, tetapi menurut pengalaman saya, meditasi juga bermanfaat bagi siapa saja yang menjumpai praktisi. Orang-orang dalam hidup Anda akan dapat merasakan sikap tenang Anda, dan perasaan ini juga akan meluas ke mereka.

Saya rasa kutipan dari Thich Nhat Hanh, seorang biksu Buddha, pemimpin spiritual, dan aktivis perdamaian, menggambarkan apa meditasi itu dengan ungkapan indah: “Meditasi bukanlah penghindaran, ini adalah pertemuan yang tenang dengan kenyataan.”

Kesadaran Penuh

Apa itu “Kesadaran” dan apa artinya “Menjadi Sadar”?

Kesadaran (Mindfulness) dimaknai sebagai sadar akan momen saat ini.

Bisa juga dimaknai berfikir terbuka tidak menghakimi tentang apa pun yang terjadi pada saat itu. Meskipun fokus biasanya bukan relaksasi semata, namun itu sering kali merupakan produk sampingan alami. Tampaknya sangat sederhana, namun sebenarnya lebih sulit.

Sebuah artikel dari Positive Psychology menjelaskannya sebagai berikut: “Fokusnya adalah pada peningkatan kesadaran kita akan pikiran, perasaan, dan tindakan yang menghambat kemajuan kita. Ketika kita lebih mampu melakukan itu, kita dapat terlibat dengan aspek-aspek diri kita, belajar mengubah bahasa kita, dan memilih bagaimana merespons.”

Gagasan untuk memasukkan berkesadaran penuh ke dalam hidup Anda, di satu sisi, adalah untuk melepaskan diri Anda dari kekacauan kehidupan sehari-hari, bahkan untuk satu atau dua menit saja. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada saat ini dan hanya mengamati apa yang terjadi di sekitar Anda, termasuk pikiran dan perasaan Anda.

Banyak dari pergumulan kita hanya karena cara kita memandang dan menilai apa yang kita alami, pikirkan, dan rasakan. Jika kita bisa mendapatkan ketenangan, kejelasan dan alih-alih bereaksi, cukup mengamati diri kita sendiri secara objektif, kita bisa sampai ke tempat di mana kita benar-benar dapat memilih bagaimana merespons.

Setelah kita memperoleh keterampilan ini, kita akan lebih mampu membuat perubahan positif tentang bagaimana menafsirkan informasi eksternal (apa yang terjadi di dunia sekitar kita) dan internal (pikiran dan perasaan kita). Ini adalah langkah penting untuk mendapatkan pegangan yang lebih baik atas apa yang kita pikirkan dan rasakan.

Contoh cara mempraktikkan kesadaran penuh adalah dengan melakukan aktivitas yang Anda lakukan setiap hari, seperti mencuci piring. Saat Anda berdiri di wastafel, mencuci piring, benar-benar fokus pada apa yang Anda lakukan. Cuci setiap piring secara perlahan, perhatikan gelembung sabun yang terbentuk di setiap permukaan.

Perhatikan bau sabun dan bagaimana cahaya dapat memenuhi dapur. Mencuci piring dengan niat yang santai namun fokus. Mulailah dengan satu aktivitas dan tambahkan lebih banyak karena Anda lebih mampu memusatkan perhatian Anda. Seiring waktu, Anda akan menemukan bahwa itu tidak hanya menjadi lebih mudah, tetapi juga sangat menyenangkan.

Jika Anda ingin menyelami topik ini lebih jauh, dapat membaca artikel komprehensif “What is Mindfulness Therapy and How to Apply It” (Apa itu Terapi Kesadaran dan Bagaimana Cara Menerapkannya), yang ditulis oleh Kori D Miller.

Sederhanakan

Masyarakat memberi tahu kita bahwa kita harus selalu menginginkan, melakukan, dan mencapai keberhasilan. Akibatnya, hidup kita tampaknya tumbuh lebih kompleks dari tahun ke tahun. Alih-alih merasa berkelimpahan malah merasa selalu kurang. Berdasarkan pengalaman saya, dibutuhkan kerja keras dan upaya sadar untuk menjadi sederhana yang memiliki efek besar pada peningkatan kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kemampuan kita untuk menjalani kehidupan lebih bahagia dan lebih puas.

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menyederhanakan hidup Anda. Ini sama sekali bukan daftar yang lengkap, tetapi mudah-mudahan akan memberi Anda beberapa ide dan membuat bola sederhana bergulir.

Rapikan: Temukan tempat untuk semua “benda” yang ada di konter, meja, dan rak. Ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan ruang di rumah dan jiwa Anda. Anda akan merasakan perbedaannya.

Atur: Buat rutinitas untuk pagi dan malam Anda, atur keuangan Anda, rencanakan makanan Anda, dan buat jadwal harian untuk diri Anda sendiri yang mencakup waktu untuk mengisi ulang.

Pembersihan: Periksa barang-barang Anda secara berkala dan singkirkan apa pun yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Ini membebaskan, dan menciptakan ruang di dunia eksternal dan internal Anda.

Katakan ‘Tidak’: Jelaskan batasan Anda dan prioritaskan waktu Anda. Cobalah untuk hanya mengambil komitmen yang Anda tahu mampu dan ingin Anda penuhi. Sebuah penolakan tidak harus untuk selamanya, tetapi itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membebaskan waktu yang Anda butuhkan untuk hal-hal yang lebih penting.

Pedulikan Diri Sendiri: Karena kita semua memiliki banyak hal yang harus dilakukan pada hari tertentu, kita juga perlu menjaga diri kita sendiri. Luangkan waktu dan ruang dalam hidup Anda untuk makan asupan bergizi, mengisi ulang jiwa Anda, dan cukup tidur. Anda tidak berguna bagi orang lain kecuali Anda sehat, beristirahat, dan dalam semangat yang baik.

Menyederhanakan hidup kita juga dapat membantu kita semua menciptakan dunia yang lebih indah dan lebih damai.

Temukan Komunitas

Mungkin luka terbesar yang kita derita sejak kemunculan COVID-19 adalah hilangnya hubungan antarmanusia. Penguncian dan karantina telah mengisolasi kita dari satu sama lain yang berdampak besar bagi kesehatan mental, emosional, dan spiritual kita. Penelitian telah membuktikan bahwa kuantitas dan kualitas hubungan kita meningkatkan umur dan kualitas hidup kita. Orang yang memiliki jaringan dukungan sosial yang kuat dari teman dan keluarga terbukti lebih sehat, lebih bahagia, dan menikmati hidup lebih lama. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa kurangnya ikatan sosial dikaitkan dengan depresi, penurunan kognitif, dan peningkatan kematian.

Menemukan cara untuk memelihara hubungan melalui pandemi pasti memiliki tantangannya sendiri, tetapi jika Anda tahu bahwa hubungan itu merupakan bagian integral dari kesehatan Anda, Anda dapat menambahkannya ke cara perawatan kesehatan Anda. Jika ya, Anda akan melihat peningkatan di semua bidang kehidupan Anda. Manusia adalah makhluk sosial, dan memiliki hubungan yang kuat, penuh kasih, dan mendukung sama pentingnya dengan makanan, olahraga, dan tidur.

Jadwalkan “ngopi” dengan teman beberapa kali seminggu, bahkan jika Anda harus melakukannya melalui Skype atau Zoom. Cobalah untuk dapat bertemu satu sama lain sehingga Anda mendapat manfaat dari semua detail bahasa tubuh yang ditawarkan kepada kita, seperti ekspresi wajah, senyum, dan tawa. Anda dan teman Anda akan menuai manfaatnya.

Saat kita memulai tahun 2022, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita hanya dapat mencoba menciptakan kehidupan terbaik dengan alat yang tersedia bagi kita. Tidak ada yang lebih layak untuk perhatian kita. Dengan itu, saya berharap Anda dan orang-orang yang Anda cintai tahun 2022 bahagia dan sejahtera. Terus tambahkan perangkat keterampilan dan praktik hidup Anda sehingga Anda lebih mampu membangun kehidupan yang Anda inginkan dan pantas dapatkan. (theepochtimes/emma suttieaq /wan)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI