Budi Pekerti

Cara Keluar dari Kesulitan

Keledai
Keledai. @Pixabay

Pada suatu hari seekor keledai milik seorang petani, karena tidak berhati-hati terjatuh kedalam sebuah sumur tua, petani telah memikirkan segala cara untuk menolong keledai tersebut, tetapi setelah beberapa jam tidak mendapat akal untuk menolong keledai tersebut, keledai didalam sumur menangis menahan rasa sakit. Terakhir, petani tersebut memutuskan akan menyerah, dia berpikir keledai ini sudah tua, tidak layak mengeluarkan tenaga dan waktu untuk menolongnya lagi, tetapi bagaimanapun, sumur ini harus ditutup, agar tidak jatuh korban lagi.

Oleh sebab itu petani menyuruh para tetangganya membantunya menimbun tanah kedalam sumur sebagai kuburan untuk keledai tersebut, supaya dia tidak tambah menderita. Para tetangga petani semuanya membawa cangkul, mulai mencangkul tanah ditimbun kedalam sumur tua. Ketika keledai ini menyadari keadaan yang dihadapinya, pada awalnya dia menangis lebih sedih lagi. Tetapi tanpa diduga sebentar kemudian keledai ini mulai menjadi tenang, sama sekali tidak mengeluarkan suara lagi.

Petani merasa heran lalu menjulurkan kepalanya kedalam sumur memandang, pemandangan didepan matanya membuat dia sangat terkejut; ketika tanah yang mereka timbun terjatuh diatas punggung keledai, reaksi keledai yang menakjubkan membuat orang sangat terkejut dia mengibaskan tanah dipunggungnya sehingga terjatuh disatu sisi, lalu dia berdiri diatas timbunan tanah tersebut!

Dengan demikian, keledai terus mengibas tanah yang dilemparkan orang kedalam sumur dan terus berpijak naik ke atas. Akhirnya keledai ini sudah bisa naik keatas sumur, dihadapan kerumunan orang yang memandangnya semua bertepuk tangan atas keberhasilannya!

Seperti keadaan keledai, didalam perjalanan hidup ini, terkadang kita juga bisa terjatuh kedalam “sumur tua”, kita akan ditimbun oleh berbagai macam tanah dan debu diatas tubuh kita, jika ingin keluar dari “sumur tua” ini kita harus mempunyai kiat yang ampuh yaitu, membuang segala kotoran dan debu diatas tubuh kita, kemudian berdiri dan berjalan keatas!

Sebenarnya, berbagai kesulitan yang kita hadapi didalam kehidupan ini adalah “tanah-kotoran” diatas tubuh kita; Namun, dari perspektif lain, mereka juga merupakan blok batu loncatan, selama kita bertekun dan dengan tekad untuk melepaskan, kemudian berdiri, meskipun terjatuh ke dalam sumur yang terdalam, kita juga dapat menyelamatkan diri.

Jika kita bisa menghadapi kesulitan dengan sikap tenang dan lapang dada, kekuatan tersembunyi dalam jiwa kita akan muncul membantu kita mengatasi masalah. 

Lebih banyak artikel Budi Pekerti, silahkan klik di sini. Video, silahkan klik di sini.



VIDEO REKOMENDASI