Keluarga

6 Ide Penyimpanan Dapur Cerdas ala Restoran

Bumbu dapur (Polina Tankilevitch @Pexels)
Bumbu dapur (Polina Tankilevitch @Pexels)

Secara alami, dapur rumah tangga umumnya adalah dapur restoran dengan versi yang lebih kasual dan intim — namun bukan berarti dapur rumah tangga tidak dapat seefisien dapur restoran yang ramai.

Untuk membuat dapur Anda seefisien Anda, ada baiknya mencari ide-ide dari dapur profesional. Antara persiapan, penyajian, suasana, dan tentu saja pembersihan, bahkan meski hanya ada sedikit pengunjung tetap harus cekatan. Maka, menciptakan solusi penyimpanan yang tepat adalah kunci keberhasilan itu.

“Sistem penyimpanan yang optimal, dapat memenuhi kebutuhan dan ruang Anda,” kata Monty Koludrovic, pemenang penghargaan chef dan direktur kuliner di Botanical Hospitality. “Jika Anda memiliki peralatan atau bumbu masak yang biasa Anda gunakan, maka letakkan di tempat yang sangat mudah ditemukan.

Jika ada yang akan digunakan untuk simpanan, maka pastikan sudah diletakkan di tempat yang aman. Hal semacam ini terdengar sederhana, tetapi Anda akan terkejut dengan hasilnya. Dapur merupakan aktivitas yang sibuk dan ruang itu memiliki kemampuan mistis “menelan” peralatan tepat sebelum Anda membutuhkannya.”

Ikuti enam tips penyimpanan yang biasa diaplikasikan di restoran ini untuk memastikan dapur Anda berjalan lancar, apa pun menunya.

Tempatkan Persiapan Anda di Wadah Transparan

Ada banyak cara menggunakan wadah transparan yang sering Anda lihat bertumpuk di restoran untuk persiapan Anda sendiri. Wadah tinggi sangat cocok untuk stok dan es krim dalam jumlah besar, sementara yang lebih pendek dapat menyimpan pesto atau saus lainnya.

Seperti yang Anda ketahui, rutinitas makan malam adalah bagian penting dalam satu minggu, dan menyimpan persiapan makanan Anda dalam wadah yang mudah dilihat akan membantu. Bagian terbaik? Tutupnya dapat dipertukarkan, maka Anda tidak perlu khawatir jika tutupnya terbolak-balik.

Beri Label Semua yang Anda Makan

Anda tahu saus tomat lezat yang Anda buat beberapa waktu lalu? Saat ini sisanya berada di kulkas, dan Anda tidak tahu apakah aroma yang terpancar itu berarti masih enak atau tidak. Ini tidak akan pernah terjadi di restoran. Semua bahan segera diberi label, sehingga mudah bagi siapa saja untuk melihat apa yang masih segar dan apa yang sudah kadaluarsa.

Biasakan memberi label wadah sesuai sisa makanan di dalamnya pada isolasi dengan spidol permanen dan sertakan tanggalnya. Ini adalah cara cepat dan murah untuk menjaga kulkas Anda tetap bersih.

Gunakan Bangku untuk Memaksimalkan Ruang

Kemungkinan ada dua alasan mengapa bangku panjang banquettes menjadi bagian klasik dari pengalaman bersantap: pertama, mereka memuat sebanyak mungkin orang ke dalam satu ruang, dan kedua terasa lebih nyaman dibandingkan kursi biasa.

Jika dapur Anda memiliki sudut untuk sarapan, pertimbangkan membuat jamuan makan Anda sendiri, atau setidaknya tambahkan bangku. Apapun pilihan Anda akan memberikan kesempatan menambahkan penyimpanan di bawah bantalan saat Anda memperluas tempat duduk. Laci sempurna untuk linen, namun keranjang terbuka juga akan menghasilkan trik yang sama.

Buat Zona untuk Alur

Restoran dapat menyajikan makanan dengan cepat karena semua orang di restoran tahu posisi mereka. Dan meskipun tidak ada yang mengharapkan makanan segera tersedia di atas meja dalam waktu sekitar 12 menit di rumah Anda, semua yang berada di dalam ruangan harus dapat bersirkulasi lancar dalam sekejap.

Semua peralatan, cangkir, dan piring harus dikumpulkan di area yang sama di dapur Anda, dan diletakkan setidaknya beberapa meter dari area kulkas, oven, atau bahkan microwave yang memiliki jalur lalu lintas tinggi. Simpan peralatan sekali-pakai-dalam-sebulan di dalam gudang atau di lemari dapur yang jauh dari jalur lalu lintas.

Tambahkan Rak di Mana Saja yang Sesuai

Jika Anda pernah bekerja di restoran atau mengintip ke bagian dapurnya, Anda mungkin memperhatikan bahwa tidak ada ruang yang terbuang percuma. Rak membentang di atas dan di bawah meja, dan pantry dilapis dengan rak berjenjang.

Jika Anda menggunakan kitchen set, perhatikan desain ini: tempatkan alat-alat yang paling sering Anda gunakan setinggi mata, alat-alat terberat di bawah, dan alat-alat khusus di bagian atas.

Jika Anda tidak menggunakan kitchen set, gunakan rak terbuka di dinding kosong—untuk peralatan sehari-hari seperti piring dan cangkir—atau letakkan kereta dorong di samping meja kecil. Dan saat Anda melakukannya, tambahkan rak ekstra di dalam lemari untuk memaksimalkan jumlah bagian yang dapat Anda muat di dalamnya.

Buat Ruang untuk Pegboard atau Rel

Ada alasan mengapa Julia Child menggunakan pegboard atau papan berlubang khusus di dapurnya yang terkenal. Dengan adanya panci dan wajan terpercaya dalam jangkauan, akan memudahkannya memilih alat masak mana yang dia butuhkan dengan cepat. Ikuti sarannya dan pasang papan pegboard untuk segala sesuatu mulai dari panci dan wajan hingga sendok dan spatula.

Tidak ada ruang untuk papan pegboard? Pilih rel tunggal di bawah kabinet atas untuk menggantung barang-barang favorit Anda dari pengait. Alat berbahan perunggu akan terbentuk patina (noda warna) dari waktu ke waktu, membuat nuansa vignette look terlihat sempurna, sesempurna masa kanak-kanak.

Majalah Real Simple memberikan solusi cerdas dan realistis untuk tantangan sehari-hari. Online di RealSimple.com. Hak Cipta 2021 Meredith Corporation. Didistribusikan oleh Tribune Content Agency, LLC.(theepochtimes)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini

VIDEO REKOMENDASI