Keluarga

8 Cara Sederhana Batasi Screen Time di Musim Liburan Anak

Anak bermain laptop (Screenshot @ Storyblocks)
Anak bermain laptop (Screenshot @ Storyblocks)

Setelah berbulan-bulan menggunakan Zoom meeting mengikuti kelas virtual googleclassroom, ditambah lagi isolasi mandiri yang menyebabkan kita melakukan screen time lebih banyak dari biasanya, liburan sekolah anak-anak kali ini adalah waktu yang tepat untuk memangkas screen time keluarga Anda, menghirup udara segar, berjemur di bawah sinar matahari, dan menikmati kembali hidup Anda.

Meskipun perangkat digital terkadang dapat menambah kenyamanan dalam hidup kita, namun kita pasti juga menyadari sifat adiktifnya dan efek merugikan pada pikiran dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Jika Anda sedang mencari cara untuk menggiring keluarga Anda menjauh dari screen time bersamaan juga Anda ingin beradaptasi dengan kebiasaan digital Anda yang baru, berikut beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan.

Meja Khusus Perangkat Digital

Siapkan tempat untuk meletakkan perangkat digital di ruang tengah dimana Anda dapat menyimpan dan mengisi ulang daya perangkat digital. Minimal, pastikan perangkat disimpan di sana pada malam hari, tetapi cobalah untuk memaksimalkan waktu mereka tetap di sana pada siang hari juga.

Tetapkan pedoman yang jelas untuk anak-anak mengenai kapan Anda mengharapkan mereka menyimpan perangkat mereka dan kapan mereka dapat menggunakannya. Dengan begitu, Anda akan dapat mengawasi apa yang anak-anak anda tonton atau mainkan selama liburan ini, dan berapa lama mereka sudah terpaku disitu.

Latarbelakang musik

Cara sederhana mencegah penggunaan perangkat adalah dengan tetap memainkan melodi musik di rumah Anda. Alunan musik yang menyenangkan untuk didengarkan dapat mendorong anggota keluarga untuk melakukan lebih banyak kegiatan “dunia nyata” di dalam rumah.

Pisahkan Pilihan Anda

Filter aplikasi, peringatan, dan pemberitahuan di perangkat dan anak-anak Anda. Dengan mematikan semua notifikasi, Anda mulai mengubah hubungan pada perangkat Anda dari yang sebelumnya memberitahukan pada Anda apa yang harus dilakukan menjadi Anda yang mengendalikannya. Simpan hanya aplikasi yang Anda anggap penting.

Ganti Kebiasaan

Saat Anda mencoba mengubah kebiasaan yang mungkin sudah mendarah daging tersebut, mungkin akan sangat membantu jika mengalihkannya dengan sesuatu yang lebih bermanfaat. Saat Anda merasakan dorongan untuk “memeriksa ponsel Anda” misalnya, mungkin Anda dapat mengalihkannya dengan segera berdiri, melangkah keluar, atau minum air putih, atau makan buah. Pilih sesuatu atau aktivitas yang sederhana dan menyenangkan yang benar-benar akan menguntungkan Anda.

Saya tidak bermaksud terlalu pribadi, namun apakah Anda membawa ponsel Anda ke toilet? Jadikan toilet sebagai zona larangan HP, dan sebagai gantinya pastikan ada buku dan majalah menarik yang tersedia untuk memudahkan saat masa transisi tersebut.

Tantangan Screen-Free
Buatlah screen time-free (lepas dari semua gawai) menyenangkan dan cobalah memperkenalkan sebuah tantangan baru. Dapatkah Anda dan seluruh keluarga menghabiskan akhir pekan tanpa perangkat digital? Naikkan tantangan pada level yang lebih besar ketika berhasil melakukan satu tantangan sebelumnya dan beranikan diri menikmati “kedamaian” yang mulai Anda rasakan dan alami dalam keluarga Anda.

Tawarkan Hadiah

Ketika semuanya gagal, tawarkan hadiah. Sebagian besar perangkat memiliki aplikasi pemantau screen time. Anda dapat menetapkan target mingguan dan selalu hargai setiap keberhasilan, kemudian meningkat seiring berjalannya waktu libur.

Bagi kebanyakan orang, “panggilan” dari perangkat digital terlalu menggoda untuk ditolak terutama selama lockdown pandemi yang penuh tekanan, tetapi inilah saatnya untuk melepaskan penopang itu dan fokuskan kembali perhatian kita pada kehidupan nyata di hadapan kita. Saat liburan anak ini mungkin saat yang tepat untuk melakukannya.(epochtimes)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI