Keluarga

Yang Dilakukan Ketika Bertemu Orang Tua Pacar

Orang tua @Canva Pro
Orang tua @Canva Pro

Pertemuan pertama dengan orang tua pacar bisa sangat menegangkan, tetapi ini adalah langkah besar dalam hubungan Anda.

Ini mungkin juga menandakan bahwa pacar Anda membawa hubungan Anda selangkah lebih jauh dari sekedar berteman. Tetapi Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah orang tua pacar akan menyukai Anda. Dan apakah Anda akan menyukai mereka?

Jadi bagaimana Anda bisa menciptakan kesan yang baik ketika Anda bertemu orang tua pacar? Dan apa yang akan Anda katakan ketika Anda bertemu calon mertua?

Bagaimana mempersiapkan pertemuan dengan orang tua pacar

Kerjakan pekerjaan rumah

Penting untuk mengetahui lebih dahulu tentang keluarga pacar Anda. Beberapa keluarga sangat konservatif, ada juga yang tidak. Lagi pula, keluarga pacar mungkin adalah keluarga inti, orang tua tunggal, keluarga besar, atau orang tua asuh. Anda akan lebih tenang jika Anda tahu siapa yang akan Anda temui.

Selain itu, cobalah untuk mempelajari nama-nama anggota keluarganya. Kemudian, Anda bisa meminta foto untuk mengingat mereka saat bertemu. Sekali lagi, itu pertanda bahwa Anda dan pasangan sudah dekat.

Berpakaianlah yang pantas

Tiap keluarga berbeda. Beberapa keluarga tidak keberatan dengan tema kasual, tetapi Anda tidak akan pernah salah dengan tema konservatif. Ciptakan penampilan pertama yang berkesan.

Penampilan Anda harus menunjukkan bahwa Anda menghormati orang tua pacar. Misalnya, hindari pakaian dengan gambar yang menyinggung atau berbau politik. Di sisi lain, Anda tidak ingin terlihat kasar dengan mengenakan pakaian yang mempropagandakan kekerasan.

Pahami arti penting pertemuan

Apakah bertemu orang tua pacar Anda adalah sesuatu yang besar? Anda harus tahu pentingnya makna pertemuan ini dari sudut pandang pacar. Baginya ini mungkin hal besar, atau mungkin dia hanya ingin mengajak Anda makan malam santai. Sebaiknya diskusikan hal ini dengan pasangan Anda sebelum Anda bertemu dengan orang tua pacar.

Beberapa orang menganggap serius pendapat orang tua mereka, sementara yang lain tidak. Juga, pertimbangkan seberapa jauh tempat tinggal orang tuanya. Jika itu adalah perjalanan jarak jauh, maka itu mungkin sesuatu yang serius.

Hindari topik yang sensitif

Pertemuan itu mungkin berfokus pada Anda. Tentu saja, orang tua pacar ingin tahu tentang latar belakang, minat, hobi, dan jalur karier Anda. Tetapi ada jebakan percakapan yang harus Anda hindari dalam pertemuan pertama. Dan tentu saja, pacar Anda harus memberi tahu Anda pendapat orang tuanya.

Hindari topik kontroversial seperti agama dan politik. Tetapi bagaimana jika orang tuanya bertanya apakah Anda pergi ke gereja? Dalam hal ini, mengatakan yang sebenarnya sangat disarankan karena pada akhirnya semua akan terungkap.

Namun, lakukan ini dengan sopan; jika Anda memberikan pendapat yang berbeda, jangan mengubahnya menjadi suatu argumentasi. Anda akan memiliki banyak waktu di kemudian hari ketika Anda telah mengenal dan memahami keluarganya dengan lebih dalam.

Selain itu, hindari mengeluh tentang pekerjaan Anda, tugas dan tanggung jawab menjadi orang tua, atau topik yang mungkin membuat Anda tampak malas dan tidak kompeten.

Datang tepat waktu

Anda juga bisa datang sedikit lebih awal tetapi tidak terlalu dini. Datang terlambat dapat merusak kesan pertama Anda. Tetapi datang terlalu awal mungkin akan terasa canggung karena mereka mungkin sedang membersihkan atau memasak sebelum Anda datang.

Hargai usaha mereka

Sangat penting untuk menghargai upaya keluarganya apakah mereka mengundang Anda ke restoran atau rumah mereka. Etiket sederhana dapat membantu Anda memenangkan hati mereka. Jadi jika Anda berada di restoran, jangan bersikap kasar kepada staf dan jangan memesan sesuatu yang terlalu mahal.

Tetapi meskipun penting untuk bersikap sopan, jangan berbohong. Anda dapat memuji pakaian, masakan, atau dekorasi ibunya, tetapi jangan berlebihan.

Ingat, beberapa orang mungkin menyukai sanjungan, tetapi ada yang bisa mengenali sesuatu yang tidak benar, dan Anda akan terlihat palsu.

Selain itu, berbicara tentang hadiah untuk orang tua pacar, tanyakan kepada pacar Anda terlebih dahulu. Jika tidak, Anda dapat membawa anggur ke keluarga yang tidak minum alkohol atau makanan manis untuk penderita diabetes.

Berperilaku sopan

Setiap orang memiliki kebiasaan yang aneh. Mungkin Anda suka mengeluarkan kata-kata makian, merokok, atau minum-minuman keras. Tetapi cobalah untuk menghindari jebakan seperti itu dengan orang tua pacar. Anda mungkin gugup, tetapi jangan minum berlebihan. Dan jika Anda merokok, tanyakan apakah orang tuanya menyetujuinya.

Nikmatilah

Sebagian besar menyarankan agar tidak berlebihan, tetapi menjadi diri sendiri sangat penting. Misalnya, jika Anda adalah orang yang suka bicara, bicaralah. Dan jika Anda seorang pendiam, jangan mencoba menjadi seorang yang bukan diri anda.

Juga, jika Anda kesal, Anda selalu berhak ijin ke kamar mandi untuk menghindari momen canggung dan mencari ketenangan sejenak.

Ingatlah, ini berkaitan tentang Anda menunjukkan bahwa Anda peduli dengan putri mereka. Ini mungkin mengantar kepada hubungan baru yang kompleks, tetapi ini adalah tonggak sejarah yang patut dirayakan. Jadi tenanglah, jadilah diri sendiri, bersikap sopan, dan nikmatilah. (nspirement/sia/may)

Lebih banyak artikel Keluarga, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI