Kesehatan

6 Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa
Minyak kelapa menyediakan banyak manfaat kesehatan (Image: pixabay)

Minyak kelapa telah menjadi bahan utama masakan di India dan kawasan Asia Tenggara selama berabad-abad. Di India sendiri, sistem pengobatan Ayurvedic tradisional menggunakan minyak kelapa sebagai komponen penting yang disebut memiliki efek penyembuhan. Dikarenakan manfaatnya terhadap kesehatan, akhir-akhir ini terjadi lonjakan atas permintaan minyak kelapa di Barat.

1. Menurunkan kolesterol

Lemak jenuh dalam minyak kelapa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan dengan demikian meminimalkan risiko komplikasi seperti penyakit jantung. Trigliserida rantai sedang (MCT) yang terkandung dalam minyak kelapa berfungsi mencegah dua risiko terbesar penyakit kardiovaskular yakni arteriosklerosis dan obesitas. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa minyak kelapa menyebabkan penurunan kadar kolesterol jahat LDL.

2. Mencegah berat badan

Minyak kelapa membantu mengurangi berat badan, berkat MCT, yang mempercepat penggunaan energi dibandingkan dengan jenis lemak lainnya. Faktanya, MCT dalam minyak kelapa mencerna dengan kecepatan yang mirip dengan gula. Tubuh menggunakan lemak-lemak ini berdasarkan preferensi, yang berarti bahwa MCT tidak ditambahkan ke sel-sel lemak dan karenanya menghindari menjadi faktor kenaikan berat badan.

3. Baik untuk otak

Glukosa adalah sumber utama bahan bakar untuk otak. Namun, MCT dalam minyak kelapa dapat bertindak sebagai sumber bahan bakar sekunder. Satu studi menunjukkan peningkatan fungsi otak pasien penderita Alzheimer setelah mereka mulai mengonsumsi minyak kelapa dalam menu makanan mereka.

4. Kesehatan kulit

Minyak kelapa kaya akan asam lemak laurat yang memiliki sifat melembabkan, antimikroba, dan hormon. Ini dapat memicu produksi kolagen di kulit. Asam ini juga memiliki sifat regenerasi kulit dan anti penuaan. Semua ini memungkinkan minyak kelapa untuk menjaga kulit tetap muda. Sifat antimikrobanya dapat membantu mengatasi eksim dan jerawat. Ditambah, komponen vitamin E dari minyak melindungi kulit dari kemungkinan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Minyak ini juga dikenal mengurangi keberadaan kuman kulit berbahaya yang disebut staph aureus.

5. Kesehatan tulang

Tulang butuh asupan magnesium dan kalsium. Minyak kelapa mempercepat penyerapan elemen-elemen ini sehingga tulang menjadi lebih kuat. Antioksidan dalam minyak membantu mencegah, bahkan mengobati osteoporosis. Ini dilakukan dengan mengurangi kehilangan tulang sambil meningkatkan volume tulang. Karena itu, minyak kelapa direkomendasikan sebagai supplemen diet terutama pada lansia yang rentan terkena keropos tulang. Karena penyerapan kalsium meningkat, orang yang mengonsumsi minyak kelapa juga cenderung memiliki gigi yang kuat dan sehat.

6. Mengurangi peradangan

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang dapat berguna untuk menenangkan rasa sakit pasien penderita radang sendi. Bahkan orang yang mungkin tidak menderita radang sendi tetapi menderita sakit pada otot dan persendian bisa memperoleh manfaat dari sifat anti-inflamasi minyak kelapa. Beberapa penelitian telah menemukan minyak kelapa sama dengan obat penghilang rasa sakit umum yang disebut Indometasin. (visiontimes/may)

Lebih banyak artikel Kesehatan, silahkan klik di sini.

VIDEO REKOMENDASI